Kompas.com - 05/05/2021, 15:20 WIB

KOMPAS.com - Bela diri pencak silat memiliki beragam jenis gerakan ketangkasan untuk melakukan serangan baik dengan tujuan pertandingan atau perkelahian.

Dalam cabang bela diri pencak silat serangan dilakukan menggunakan tangan atau lengan serta bagian tungkai kaki.

Masing-masing serangan memiliki unsur sikap tangan ataupun kaki sebagai alat utama, didukung dengan kuda-kuda serta sikap tubuh sempurna.

Jenis serangan dengan menggunakan tangan dalam cabang bela diri pencak silat disebut sebagai teknik pukulan.

Pukulan dalam pencak silat kemudian dibagi berdasarkan bentuk gerakan serta sasaran serangan ke arah lawan dalam pertandingan.

Salah satu teknik pukulan dalam pencak silat yang melakukan serangan dengan tangan adalah pukulan bandul.

Baca juga: Serangan-serangan dalam Pencak Silat

Teknik pukulan bandul dalam pencak silat atau juga disebut sebagai pukulan sangkal memiliki ciri salah satu tangan mengepal serta menghadap ke atas.

Posisi tangan ketika melakukan pukulan bandul dalam pencak silat menekuk 90 derajat, dengan posisi akhir kedua tangan menyilang di depan dada.

Mengutip dari buku Pencak Silat (2015) oleh Erwin Setyo Kriswanto, teknik pukulan bandul dilakukan dengan mengayunkan kepalan tangan dari bawah ke atas menuju sasaran.

Sasaran pukulan bandul dalam pencak silat adalah bagian ulu hati dari pihak lawan, dengan arah serangan dari bagian bawah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.