Kompas.com - 06/05/2021, 16:00 WIB
Pemain Indonesia Andik Vermansah (kanan) menguasai bola dibayangi pemain Thailand, Koravit Namwiset, dalam laga final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand. AP PHOTO / ACHMAD IBRAHIM AP PHOTO / ACHMAD IBRAHIMPemain Indonesia Andik Vermansah (kanan) menguasai bola dibayangi pemain Thailand, Koravit Namwiset, dalam laga final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand. AP PHOTO / ACHMAD IBRAHIM

KOMPAS.com - Mengontrol bola atau controlling the ball merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola.

Mengutip modul Aksi Cerdas Mencetak Gol: Olahraga Rekreasi Paket C Setara SMA/MA (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seorang pemain sepak bola harus menguasai keterampilan individual.

Keterampilan individual pemain adalah penguasaan teknik dasar bermain sepak bola dan kemampuan membuat variasi maupun kombinasinya.

Beberapa contoh keterampilan individual dalam permainan sepak bola adalah variasi memberikan umpan (passing), menggiring bola atau dribbling, menembak bola ke gawang, dan juga menghentikan bola.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai teknik menghentikan bola atau kontrol bola yang baik.

Baca juga: Gerak Tipu dalam Sepak Bola

Ada dua macam pengertian menghentikan bola yaitu stopping dan controlling.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stopping adalah situasi di mana bola yang mengarah kepada seorang pemain langsung dihentikan oleh pemain tersebut.

Controlling adalah menerima bola baik berupa hasil umpan dari teman, bola liar, maupun umpan yang salah dari pemain lawan. Setelah diterima, bola kemudian diolah atau dioperkan ke teman.

Ilustrasi menghentikan bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola. Sumber gambar: Tangkapan layar situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ilustrasi menghentikan bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola. Sumber gambar: Tangkapan layar situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

Dalam sebuah pertandingan, gerak menghentikan dan mengontrol bola bertujuan untuk mengatur tempo permainan, memberi ruang pengaturan strategi, atau memudahkan saat memberikan umpan kepada rekan setim.

Baca juga: Gerak Lokomotor, Non-lokomotor, dan Manipulatif dalam Olahraga

Jenis Kontrol Bola

Ada dua jenis atau cara mengontrol bola berdasarkan arah datangnya bola yaitu bola datar dan bola lambung.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X