Kompas.com - 27/04/2021, 22:00 WIB
Pemain Selecao, Everton (tengah), merayakan gol bersama rekan-rekannya pada pertandingan Brasil vs Peru dalam final Copa America 2019 di Stadion Maracana, 7 Juli 2019. AFP/MAURO PIMENTELPemain Selecao, Everton (tengah), merayakan gol bersama rekan-rekannya pada pertandingan Brasil vs Peru dalam final Copa America 2019 di Stadion Maracana, 7 Juli 2019.

KOMPAS.com - Sepak bola mengambil hati banyak penggemar di seluruh dunia melalui bentuk permainan indah dalam sebuah pertandingan.

Latar belakang tersebut berkaitan erat dengan frasa “Jogo Bonito” yang kerap terlontar ketika berbicara mengenai permainan sepak bola.

Istilah atau sebutan “Jogo Bonito” sendiri erat digunakan untuk menggambarkan permainan timnas Brasil, terutama dalam ajang Piala Dunia.

Hadirnya istilah Jogo Bonito sendiri memang muncul dari pernyataan pemain legendaris Brasil, Edson Arantes do Nascimento alias Pele.

Pele menggunakan frasa Jogo Bonito atau permainan indah dalam bahasa Portugis, untuk merujuk pada olahraga sepak bola.

Seperti dilansir dari laman Bleacher Report, Pele dianggap menjadi pencetus sekaligus perwujudan frasa “Jogo Bonito” terutama saat bermain membela timnas Brasil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Tekel Bisa Dianggap Seni dalam Sepak Bola?

Ketika memperkuat timnas Brasil, Pele sukses mengantarkan timnya meraih gelar juara Piala Dunia sebanyak tiga kali yakni pada 1958, 1962, dan 1970.

Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) bahkan memberikan gelar Pemain Terbaik Abad ke-20 kepada Pele, bersama Maradona, pada Desember 2000.

Belakangan, filosofi permainan indah milik timnas Brasil dinilai telah bergeser menjadi lebih mengutamakan hasil akhir atau pragmatis.

Melansir laman Goal, anggapan tersebut muncul melihat penampilan dua timnas Brasil pemenang Piala Dunia setelah era Pele, yakni pada 1994 dan 2002.

Legenda timnas Brasil, Pele, saat menjadi pembicara pada acara World Economic Forum di Sao Paulo, 14 Maret 2018.AFP/WORLD ECONOMIC FORUM/BENEDIKT VON LOEBELL Legenda timnas Brasil, Pele, saat menjadi pembicara pada acara World Economic Forum di Sao Paulo, 14 Maret 2018.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.