Kompas.com - 26/04/2021, 22:40 WIB
Berlari bersama keluarga, para balita pun tak ketinggalan diajak serta. KOMPAS/AGUS HERMAWANBerlari bersama keluarga, para balita pun tak ketinggalan diajak serta.

KOMPAS.com - Keseharian seseorang memberi beban beragam yang memicu pengeluaran energi akibat gerakan tubuh melalui otot dan rangka dalam momen berbeda.

Lingkup kegiatan keseharian tiap individu juga dibedakan berdasar bentuk aktivitas, mulai dari rutinitas kerja ringan hingga kewajiban melibatkan barang atau beban berat.

Tantangan fisik dalam kegiatan sehari-hari membutuhkan tingkat kebugaran jasmani yang sesuai, sehingga seluruh aktivitas terlaksana dengan baik.

Menurut buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2016) oleh Asep Kurnia Nenggala, kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan tugas dan kegiatan tanpa kelelahan berarti.

Kebugaran jasmani juga memiliki unsur serta faktor yang dapat mempengaruhi tingkatannya dalam tubuh seseorang secara berkala.

Lebih jauh, seseorang bisa menyebutkan 4 faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani adalah pola makan, istirahat, olahraga, dan usia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Unsur-unsur Kebugaran Jasmani

  • Pola makan

Cara dan asupan makan seseorang menentukan kebugaran jasmani karena dari kegiatan tersebut didapat pasokan tenaga utama yang ada dalam tubuh.

Asupan gizi dari makanan sehari-hari diperlukan sebagai sumber tenaga ataupun kalori, sekaligus membentuk sel, hingga mengatur proses dalam tubuh.

  • Pola Istirahat

Cara pemulihan tubuh setelah melakukan kegiatan berat yang melelahkan adalah dengan melakukan istirahat dengan cukup.

Menurut buku Bugar Sehat dengan Olahraga (2004) oleh Djoko Pekik Irianto, istirahat dapat mengembalikan posisi tubuh menjadi bugar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.