Kompas.com - 23/04/2021, 17:40 WIB
Ilustrasi berenang gaya dada Mike Watson ImagesIlustrasi berenang gaya dada

KOMPAS.com - Renang gaya dada merupakan salah satu gaya yang teknik pernapasannya dilakukan dengan mengangkat kepala ke atas sehingga mulut sejajar dengan permukaan air.

Gaya dada merupakan teknik berenang dengan posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air lalu dikombinasikan dengan gerakan kaki dan tangan.

Renang gaya dada dalam bahasa Inggris sering disebut breaststroke.

Gaya satu ini merupakan salah satu gaya renang yang unik. Sebab, gerakan renang gaya dada ini mirip dengan cara katak berenang saat di air.

Baca juga: Mengenal Kolam Renang Terbesar Se-Asia Tenggara di Indonesia

Adapun, ada beberapa hal yang wajib dilakukan serta dikuasai oleh para perenang ketika melakukan renang gaya dada. Salah satunya adalah teknik pernapasan.

Mengutip Modul Melesat di Air Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX, berikut cara pengambilan napas renang gaya dada.

Teknik pengambilan napas renang gaya dada

  • Sikap awal

Baca juga: Teknik Dasar Renang Gaya Kupu-kupu

Berdiri di kolam dangkal, bungkukkan tubuh rata dengan air. Muka menghadap ke depan diantara kedua lengan yang diluruskan ke depan.

  • Gerakan pernapasan

Posisi kepala saat bernapas pada renang gaya dada adalah dengan mengangkat kepala ke atas sehingga mulut sejajar dengan permukaan air.

Hal ini dimungkinkan karena waktunya bersamaan dengan saat kedua lengan menekan air ke bawah dan mendorong air ke dalam.

Baca juga: Rangkaian Aba-aba dalam Renang

Ketika tangan sudah sampai di bawah dagu dan akan diluruskan ke depan secara perlahan-lahan, lalu kepala diturunkan dan udara dihembuskan di dalam air.

Teknik pengeluaran napas pada renang gaya dada dilakukan bersamaan dengan tangan membuka ke samping.

Adapun sebelum berlatih, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan karena seluruh gaya renang mengandalkan kekuatan tangan, kaki serta napas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X