Kompas.com - 23/04/2021, 16:20 WIB
Perenang Cina Sun Yang memacu kecepatan saat bertanding pada babak final 400 meter Gaya Bebas Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018). Sun Yang berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 3 menit dan 42.92 detik. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPerenang Cina Sun Yang memacu kecepatan saat bertanding pada babak final 400 meter Gaya Bebas Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018). Sun Yang berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 3 menit dan 42.92 detik.

KOMPAS.com - Gaya bebas atau juga disebut front crawl merupakan gaya olahraga renang yang populer.

Renang gaya bebas ini merupakan gaya paling mudah untuk dilakukan.

Selain itu, jika dibandingkan dengan gaya lain, gaya bebas merupakan gaya tercepat dalam renang.

Renang gaya bebas juga memiliki beberapa teknik dasar, salah satunya teknik pernapasan.

Baca juga: Rangkaian Aba-aba dalam Renang

Dalam penerapannya, menghirup udara pada saat bernapas pada renang gaya bebas adalah dengan cara kepala menoleh ke salah satu arah samping yaitu kanan atau kiri.

Meski terlihat mudah, teknik pernapasan dalam renang gaya bebas sejatinya cukup sulit dipelajari.

Sebab, momentum bernapas harus disesuaikan dengan gerakan lengan dan kaki.

Mengutip Modul Melesat di Air Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX, berikut cara pengambilan napas renang gaya bebas:

Baca juga: Teknik Dasar Renang Gaya Kupu-kupu

  1. Mengambil napas dengan memiringkan kepala hingga mulut di atas permukaan air, kemudian muka kembali menghadap ke dalam air untuk mengembuskan napas.
  2. Posisi kepala saat bernapas pada renang gaya bebas adalah memiringkan kepala ke satu arah, yaitu ke kanan atau kiri saja.
  3. Teknik pengeluaran napas pada renang gaya bebas dilakukan bersamaan dengan tangan mendayung.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X