Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkaian Aba-aba dalam Renang

Kompas.com - 09/04/2021, 17:00 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis

KOMPAS.com - Renang merupakan jenis olahraga prestasi dan dilombakan pada event nasional hingga internasional.

Olahraga renang dilakukan di dalam air dengan cara menggerakan hampir semua bagian tubuh.

Sama seperti olahraga lain, renang juga memiliki peraturan perrlombaan sendiri. Salah satunya perihal aba-aba renang dalam perlombaan.

Mengutip dari modul Melesat di Air, Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX, dalam olahraga renang terdapat empat gaya yang dilombakan pada ajang seperti Olimpiade, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

Baca juga: Ukuran Kolam Renang Sesuai Standar Internasional

Setiap jenis gaya renang tersebut memiliki teknik dan start masing-masing.

Namun, dalam urutan aba-aba atau tanda gerak start perlombaan masing-masing gaya renang ada sedikit perbedaan.

Rangkaian aba-aba renang

Start dalam gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu dan gaya ganti perorangan harus dengan loncat. Artinya, perenang di luar kolam renang.

Baca juga: Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Peluit panjang dari referee (wasit), perenang harus melangkah naik ke atas starting platform (balok start) dan dalam keadaan diam.

Kemudian, perenang berada dalam posisi start setelah wasit meneriakkan aba-aba take your marks dari starter. Kalimat take your time dalam Bahasa Indonesia diganti dengan "siap".

Setelah itu, mereka harus segera ambil posisi start, dengan setidaknya kaki di depan dari balok start, lalu posisi tangan tidak ditentukan bila semua perenang telah diam.

Adapun, start gaya punggung dan estafet harus dari dalam air, pada bunyi peluit panjang pertama dari wasit para perenang harus segera masuk ke air.

Kemudian, pada peluit panjang kedua dari wasit perenang harus segera kembali tanpa menunda-nunda ke posisi start dimana seluruh perenang telah ambil posisi start, lalu starter harus memberikan aba-aba "take your marks", bila semua perenang telah diam, starter harus memberi aba-aba tanda start.

Baca juga: Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com