Kompas.com - 23/04/2021, 15:00 WIB
Atlet tenis meja putra Indonesia, Dian David Mickael Jacobs (kiri), mengembalikan bola ke arah rekan satu negara, Komet Akbar, dalam final tenis meja putra SM10 di Pusat Pameran dan Dagangan Antarabangsa Malaysia (MITEC), Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (23/9). Dian David Mickael Jacobs menyabet medali emas setelah menang 3-1 (11-9, 11-9, 9-11, 11-8). ANTARA/RAFIUDDIN ABDUL RAHMAN - DOK, KOMPAS, 24 September 2017Atlet tenis meja putra Indonesia, Dian David Mickael Jacobs (kiri), mengembalikan bola ke arah rekan satu negara, Komet Akbar, dalam final tenis meja putra SM10 di Pusat Pameran dan Dagangan Antarabangsa Malaysia (MITEC), Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (23/9). Dian David Mickael Jacobs menyabet medali emas setelah menang 3-1 (11-9, 11-9, 9-11, 11-8).

KOMPAS.com - Sama seperti olahraga lainnya, tenis meja juga memiliki teknik dasar. Salah satu teknik yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh para petenis meja adalah keterampilan memukul bola.

Dalam permainan tenis meja atau pingpong terdapat berbagai jenis pukulan.

Salah satunya adalah teknik memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka pada permainan tenis meja yaitu pukulan push.

Biasanya teknik pukulan ini dilakukan untuk menangkis serangan tidak terduga dari lawan.

Baca juga: Teknik Cut Defensive dalam Tenis Meja

Teknik pukulan push tenis meja bertujuan untuk menjaga agar bola tidak melambung terlalu tinggi dan untuk membalas serangan dari lawan.

Teknik pukulan ini memiliki beberapa kelebihan, yakni:

  1. Pemain bisa menggunakan teknik push untuk melakukan serangan balik ke lawan.
  2. Teknik ini juga bisa dijadikan sebagai teknik pertahanan atau untuk bertahan dari serangan lawan.

Adapun, alam tenis meja ada dua macam pukulan push, yaitu forehand push dan backhand push.

Baca juga: Teknik Pukulan Drive pada Tenis Meja

Mengutip dari Sejarah, Teknik & Variasi Latihan Pingpong (Tenis Meja) karya Guntur Firmansyah dan Didik Hariyanto, berikut cara melakuan forehand push dan backhand push.

  • Forehand push tenis meja

Cara melakukan teknik forehand push:

  1. Perhatikan bola yang datang dari arah lawan didorong dengan bet dengan posisi bet sedikit terbuka, gerakan bet ke depan dan sedikit ke bawah.
  2. Ketika melakukan pukulan push posisi tubuh harus dalam posisi berdiri dengan sempurna.
  3. Bola seharusnya mengenai bagian tengah bet
  • Backhand push tenis meja

Baca juga: Peraturan Servis dalam Tenis Meja

Cara melakukan teknik backhand push:

  1. Perhatikan bola yang datang dari pukulan lawan, dorong dengan bet pada posisi bet sedikit terbuka, arah bet bergerak kedepan dan sedikit ke bawah.
  2. Tubuh dalam posisi berdiri dengan sempurna.
  3. Agar diperoleh pukulan yang sempurna maka harus melakukan gesekan yang kuat ketika terjadi kontak dengan bola. Usahakan perkenaan bola di kiri mendekati bagian depan tubuh.



Sumber Skola
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X