Kompas.com - 18/04/2021, 20:59 WIB
Megabintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo berpelukan pemain timnas Perancis, Kylian Mbappe. AFP/FRANCK FIFEMegabintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo berpelukan pemain timnas Perancis, Kylian Mbappe.

KOMPAS.com - Benua Eropa dianggap sebagai kiblat sepak bola dunia. Olahraga sepak bola berkembang begitu pesat di Eropa dan negara-negara Benua Biru pun mendominasi sepak bola dunia.

Dominasi Eropa di pentas sepak bola dunia bisa dilihat dari negara-negara yang muncul sebagai juara Piala Dunia FIFA.

Pada empat edisi Piala Dunia terakhir, gelar juara selalu diraih oleh negara asal Benua Eropa.

Dimulai Italia yang menjadi kampiun Piala Dunia 2006, dominasi Eropa dilanjutkan oleh Spanyol (2010), Jerman (2014), dan teraktual Perancis pada Piala Dunia 2018.

Sejak 2006, podium Piala Dunia bahkan hampir selalu dikuasai oleh negara-negara Eropa. Hanya Argentina pada edisi 2014 yang mampu menghuni peringkat kedua (runner-up).

Baca juga: Kenapa Indonesia Sulit Menembus Piala Dunia?

Di level klub, dominasi Eropa tampak pada ajang Piala Dunia Antarklub FIFA yang selalui dikuasai oleh wakil-wakil Benua Biru sejak 2013.

Bahkan sejak 2007, tercatat hanya Corinthians (Brasil) sebagai klub dari luar Eropa yang mampu menjadi juara Piala Dunia Antarklub.

Skuad Bayern Muenchen merayakan gelar Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Tigres UANL pada partai puncak, Jumat (12/2/2021) dini hari WIB.KARIM JAAFAR Skuad Bayern Muenchen merayakan gelar Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Tigres UANL pada partai puncak, Jumat (12/2/2021) dini hari WIB.

Eropa semakin mengukuhkan dominasinya di pentas sepak bola dunia dengan keberadaan liga-liga terbaik yang ditonton oleh orang-orang di santero jagat.

Pemain terbaik dunia semisal Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pun bermain di kompetisi Eropa.

Lantas apa yang membuat sepak bola Eropa bisa sangat maju?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X