Kompas.com - 12/04/2021, 14:20 WIB
Pebola voli Jepang Hiroki Ozawa melepaskan smes ke arah pebola voli Indonesia 1 pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Jepang Hiroki Ozawa melepaskan smes ke arah pebola voli Indonesia 1 pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2.

KOMPAS.com - Olahraga bola voli mengharuskan dua tim yang bertanding di lapangan masing-masing memiliki enam orang pemain.

Masing-masing tim memiliki tujuan mencetak poin sebanyak mungkin dengan mendaratkan bola di lapangan permainan lawan untuk memenangi sebuah pertandingan.

Suatu siasat yang dilakukan oleh satu tim bola voli sebelum pertandingan dimulai untuk memperoleh kemenangan secara sportif disebut taktik.

Taktik tersebut dijalankan oleh masing-masing pemain dalam sebuah tim olahraga bola voli berdasarkan posisi masing-masing yakni libero, tosser, spiker, dan defender.

Keberadaan seorang tosser atau disebut juga sebagai setter atau set-upper dalam bola voli terlihat ketika sebuah tim melakukan serangan.

Sebab, permulaan serang dalam bola voli dilakukan dengan teknik passing atas seorang tosser kemudian disambut dengan smash dari spiker.

Oleh karena itu, pemain yang bertugas mengolah bola untuk para penyerang dalam bola voli disebut tosser atau set-upper.

Baca juga: Jenis Servis dalam Bola Voli

Tugas Tosser dalam Bola Voli

Pemain bola voli yang menempati posisi di depan net yang mempunyai tugas sebagai pengatur arah serangan dan memberikan umpan kepada penyerang utama adalah tosser atau set-upper.

Bola dari seorang tosser kemudian dimanfaatkan seorang penyerang yakni smasher atau spiker untuk mengarahkannya ke wilayah permainan lawan.

Seorang tosser harus bisa menentukan arah serangan atau memberikan operan secara tepat kepada penyerang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X