Kompas.com - 11/04/2021, 09:40 WIB
Pebola voli Indonesia Andriyanti melepas smash ke tim voli Korea pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Indonesia Andriyanti melepas smash ke tim voli Korea pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal.

KOMPAS.com - Poin dalam permainan bola voli bisa didapatkan dengan menempatkan atau mendaratkan bola ke wilayah permainan lawan.

Bentuk upaya sebuah tim memperoleh poin dalam permainan bola voli disebut sebagai serangan atau langkah menyerang.

Ragam teknik serangan dalam permainan bola voli salah satunya adalah melalui pukulan smash, yang juga disebut sebagai teknik pukulan utama dalam permainan bola voli.

Menurut buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) karya Winarno dan kawan-kawan, smash merupakan salah satu keterampilan dalam permainan bola voli yang dimaksudkan untuk menyerang lawan dengan pukulan bola keras, menukik, dan cepat agar dapat meraih skor.

Pukulan smash dilakukan dengan keras ketika bola berada di atas jaring pembatas (net), untuk diarahkan ke wilayah permainan lawan.

Istilah lain untuk menyebut smash dalam bola voli adalah spike, yang kemudian dipakai menamakan pemain yang melakukan teknik spike sebagai spiker.

Ada empat tahapan teknik melakukan smash dalam bola voli yakni awalan, tolakan (tumpuan), pukulan, dan mendarat.

Berikut urutan tahapan gerakan smash pada permainan bola voli dimulai dari awalan hingga terakhir mendarat:

Baca juga: Kenapa Bola dalam Bola Voli Berwarna Kuning dan Biru?

  • Awalan

Gerakan melakukan pukulan smash dalam permainan bola voli diawali dengan mengambil satu langkah ke depan sebagai ancang-ancang.

Dalam melakukan langkah awalan untuk melakukan smash, salah satu kaki berada di belakang kaki yang lain sesuai dengan kaki dominan seorang pemain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X