Kompas.com - 11/04/2021, 13:20 WIB
Javier Pinola dan Cristian Pavon tampak berduel di udara pada laga final Copa Libertadores antara River Plate vs Boca Juniors di Stadion Santiago Bernabeu, 9 Desember 2018. AFP/OSCAR DEL POZOJavier Pinola dan Cristian Pavon tampak berduel di udara pada laga final Copa Libertadores antara River Plate vs Boca Juniors di Stadion Santiago Bernabeu, 9 Desember 2018.

KOMPAS.com - Pertandingan sepak bola memunculkan rivalitas antara kedua tim yang saling berhadapan di lapangan.

Rivalitas tersebut didasari pada tujuan permainan sepak bola yakni mencari pemenang antara dua tim yang bertanding dengan cara mencetak gol.

Berdasarkan rivalitas atau persaingan yang muncul antar tim maupun klub dalam cabang olahraga sepak bola, lantas muncul istilah derby.

Sejarah istilah derby

Menurut kamus Merriam-Webster, derby merupakan bentuk pertandingan antar dua tim olahraga dari satu wilayah/daerah.

Oleh karena itu sebutan derby tidak hanya khusus digunakan untuk persaingan dalam cabang olahraga sepak bola.

Namun, sebutan tersebut bisa dugunakan untuk cabang olahraga permainan beregu lainnya yang melibatkan dua tim dari satu daerah atau wilayah berdekatan.

Baca juga: Asal-usul Jumlah Pemain Sepak Bola 11 lawan 11

Awal penggunaan istilah derby sendiri terjadi sejak abad ke-19, saat persaingan dua tim asal wilayah Derby di Inggris bermain folk football, yakni permainan bola tradisional, menjadi tidak terkendali.

Dari kejadian tersebut, istilah derby kemudian digunakan untuk menyebut persaingan tim sepak bola dalam satu daerah, ketika bertanding pada sebuah kejuaraan.

Ragam derby populer dalam sepak bola

Pemicu rivalitas antar kedua tim dalam pertandingan sepak bola tidak selalu berdasar pada kesamaan wilayah semata.

Banyak dari rivalitas dan persaingan antar dua tim dalam sebuah kompetisi berakar dari perbedaan ideologi, kelas sosial, atau faktor sejarah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X