Kompas.com - 10/04/2021, 17:20 WIB
Tim sepak bola Indonesia foto bersama sebelum melawan tim sepak bola Laos pada penyisihan Grup A Asian Games 2018 Indonesia stadion Patriot Bekasi, Jumat (17/08/2018). INASGOC/ARY KRISTIANTOTim sepak bola Indonesia foto bersama sebelum melawan tim sepak bola Laos pada penyisihan Grup A Asian Games 2018 Indonesia stadion Patriot Bekasi, Jumat (17/08/2018).

KOMPAS.com - Sepak bola merupakan bentuk olahraga menggunakan bola besar yang populer di penjuru dunia.

Tingginya minat penggemar sepak bola juga mendorong berjalannya kompetisi serta pertandingan secara rutin.

Berjalannya sebuah pertandingan sepak bola, melibatkan dua tim atau regu dengan jumlah pemain sepak bola dalam satu tim adalah 11 (sebelas) orang.

Ketentuan mengenai jumlah pemain dalam sebuah tim sepak bola sendiri termuat dalam peraturan permainan sepak bola yang ditetapkan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Lantas bagaimana sejarah hingga adanya ketetapan mengenai jumlah pemain sebanyak 11 orang dalam sebuah tim sepak bola?

Baca juga: Klub Sepak Bola Tertua di Dunia

Sejarah jumlah pemain sepak bola

Ihwal jumlah pemain dalam sepak bola berawal dari keberadaan permainan bola besar di penjuru Inggris pada abad ke-18.

Dalam permainan bertajuk folk football tersebut, sebuah tim bisa berisikan 15 hingga 21 pemain dan baru bisa dimainkan apabila kedua regu memiiki jumlah anggota sama.

Hingga pada akhrinya, peraturan mengenai permainan sepak bola modern dicetuskan pada 1863 oleh sekelompok mahasiswa di Universitas Cambridge, Inggris.

Ketetapan mengenai jumlah pemain dalam sebuah tim sepak bola sebanyak 11 orang kemudian diadopsi dan diterapkan oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) pada tahun yang sama.

Menurut laman resmi Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA), posisi penjaga gawang baru secara khusus diterapkan pada salah satu dari 11 pemain dalam sebuah tim pada 1871.

Baca juga: Bagaimana Nasib Jersey Bekas Pemain Sepak Bola Setelah Pertandingan Selesai?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber FIFA,IFAB
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X