Kompas.com - 27/03/2021, 15:40 WIB
Pebasket Indonesia H Lakudu beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebasket Indonesia H Lakudu beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

KOMPAS.com - Di dalam permainan bola basket terdapat istilah foul. Dalam bahasa Indonesia, foul disebut dengan pelanggaran.

Mengutip dari Breakthrough Basketball, olahraga bola basket mengenal dua tipe pelanggaran yakni foul dan violation.

Meski memiliki makna yang sama yaitu pelanggaran, foul dan violation sejatinya adalah dua istilah yang berbeda.

Foul adalah pelanggaran langsung terhadap pemain lain (lawan) seperti misalnya blocking foul dan flagrant foul.

Baca juga: 4 Teknik Dasar Renang Gaya Dada

Adapun, violation adalah pelanggaran yang lebih condong ke peraturan permainan bola basket. Beberapa contoh violation adalah walking atau travelling serta goaltending.

Macam-macam foul dalam bola basket

1. Personal foul

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Personal foul adalah pelanggaran perorangan. Menurut peraturan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), maksimal foul bagi seorang pemain dalam pertandingan bola basket adalah empat kali.

Pemain tersebut akan dikeluarkan jika sudah mencapai foul kelima. Namun, di kompetisi basket NBA, maksimal foul seorang pemain adalah lima dan baru akan dikeluarkan jika terjadi foul keenam.

Personal foul meliputi memukul, mendorong, dan menampar lawan serta melakukan kontak fisik ilegal untuk memblokir jalur pemain lawan. Hukuman bagi personal foul adalah lemparan bebas (free throw) dan foul out.

Baca juga: 5 Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya

2. Team foul

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X