Kompas.com - 27/02/2021, 20:03 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Masyarakat menanti kemunculan setidaknya dua kompetisi baru bola basket di Indonesia.

Tambahan kompetisi ini, kata pendiri Manusia Basket Indonesia (MBI) Ary Sudarsono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/2/2021) akan menambah virus kebaikan dalam olahraga basket di Indonesia.

"Cabang olahraga bola basket saat ini di Tanah Air semakin digemari di semua kalangan, baik dari tua dan muda, pria dan wanita," kata Ary yang dikenal membawa tayangan kompetisi bola basket AS NBA ke Indonesia di era 1990-an ini.

Logo Srikandi CupLiga Basket Putri Srikandi Cup Logo Srikandi Cup

Baca juga: Piala Menpora Dapat Izin Polri, IBL 2021 Langsung Tancap Gas

Ary menambahkan, kedua kompetisi yang bakal muncul adalah Liga Bocah Indonesia (LBI) sebagai liga bola basket setingkat anak sekolah dasar.

"Yang kedua adalah Liga Basket Nusantara (LBN) yang mempertemukan komunitas, perusahaan, maupun veteran," kata Ary.

DBL Indonesia meresmikan DBL Academy Pakuwon, Surabaya, Jawa Timur, pada 31 Agustus 2018 lalu.DBL Indonesia DBL Indonesia meresmikan DBL Academy Pakuwon, Surabaya, Jawa Timur, pada 31 Agustus 2018 lalu.

Menurut Ary untuk penyelenggaraan kedua kompetisi ini, pihaknya menggandeng berbagai pihak.

"Kami akan bekerja sama dengan Perbasi sebagai induk olahraga bola basket di Indonesia," tutur Ary Sudarsono.

Informasi terkini MBI menunjukkan bahwa komunitas yang dibentuk sejak Agustus 2020 tersebut, kini sudah ada di 24 provinsi.

Komunitas Manusia Basket Indonesia (MBI) yang didirikan pada Agustus 2020 bakal menggelar kompetisi Liga Bocah Indonesia (LBI) dan Liga Basket Nusantara (LBN) bekerja sama dengan Perbasi sebagai induk olahraga bola basket di Tanah Air. 
Manusia Basket Indonesia (MBI) Komunitas Manusia Basket Indonesia (MBI) yang didirikan pada Agustus 2020 bakal menggelar kompetisi Liga Bocah Indonesia (LBI) dan Liga Basket Nusantara (LBN) bekerja sama dengan Perbasi sebagai induk olahraga bola basket di Tanah Air.

"Anggotanya ada sekitar 2.000 orang," tutur Ary saat bersilaturahim dan melantik kepengurusan komunitas MBI Bandung pimpinan Sekjen Chapter Bandung Ato Suharto Suryadi, hari ini di home base MBI Bandung, lapangan basket ITC Kebon Kelapa, Bandung, Jawa Barat.

Sementara, Ary Sudarsono juga mengatakan bahwa saat ini ada berbagai kompetisi bola basket yang sudah ada di Indonesia.

Aksi slum dunk center asing Pelita Jaya, Kore White saat timnya mengalahkan JNE Siliwangi pada laga terakhir Seri VII Indonesia Basketball Indonesia (IBL) di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (12/3/2017).JUARA.NET/GONANG SUSATYO Aksi slum dunk center asing Pelita Jaya, Kore White saat timnya mengalahkan JNE Siliwangi pada laga terakhir Seri VII Indonesia Basketball Indonesia (IBL) di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (12/3/2017).

Selain IBL sebagai kompetisi tertinggi bola basket putra, ucapnya, ada juga kompetisi bola basket antar-pelajar (DBL), Liga Mahasiswa (Lima), dan kompetisi putri (Srikandi Cup).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.