Leon Spinks Legenda Tinju yang Pernah Kalahkan Muhamad Ali Meninggal Dunia

Kompas.com - 07/02/2021, 23:36 WIB
Muhammad Ali (kiri) ketika menghadapi Leon Spinks pada duel tinju kelas berat yan dihelat di Las Vegas, Amerika Serikat, 15 Februri 1978. AFP/ CONSOLIDATED NEWS PICTURESMuhammad Ali (kiri) ketika menghadapi Leon Spinks pada duel tinju kelas berat yan dihelat di Las Vegas, Amerika Serikat, 15 Februri 1978.

KOMPAS.com - Legenda tinju kelas berat asal Amerika Serikat, Leon Spinks, meninggal dunia pada Jumat (5/2/2021) malam waktu setempat.

Leon Spinks meninggal dunia pada usia 67 tahun karena komplikasi penyakit termasuk kanker prostat stadium lanjut yang sudah dia derita sejak tahun lalu.

"Leon Spinks telah berjuang dengan sangat gigih melawan penyakitnya. Dia tidak pernah kehilangan senyum khasnya ketika menghadapi pertarungan terakhirnya," bunyi pernyataan manajemen Leon Spinks dikutip dari situs BBC Sport.

"Itu menunjukkan tekad Leon Spinks sebenarnya. Dia tidak pernah menyerah," bunyi pernyataan manajemen Leon Spinks.

Leon Spinks merupakan mantan juara dunia tinju kelas berat tak terbantahkan (undisputed) yang lahir pada 11 Juli 1953.

Baca juga: Andaipun Punya Kesempatan Bertarung, Mike Tyson Sadari Tak Akan Pernah Bisa Kalahkan Muhammad Ali

Nama Leon Spinks meroket ketika ia berhasil mengalahkan Muhammad Ali pada 15 Februari 1978 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Leon Spinks sebenarnya sangat tidak diunggulkan pada pertarungan tersebut.

Bagaimana tidak, Leon Spinks hanya memiliki pengalaman tujuh kali bertarung sebelum menghadapi Muhammad Ali yang kala itu sudah berstatus legenda tinju dunia.

Leon Spinks saat itu hanya memiliki modal medali emas Olimpiade 1976. Di sisi lain, Muhammad Ali masuk ke ring dengan memamerkan sabuk juara tinnju kelas berat versi WBC dan WBA.

Meski kalah pengalaman, Leon Spinks berhasil bertahan hingga ronde ke-15 dan merepotkan Muhammad Ali.

Halaman:


Sumber BBC Sport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X