Resmi, Markas Napoli Berubah Nama Jadi Stadion Diego Armando Maradona

Kompas.com - 05/12/2020, 04:49 WIB
Fans Napoli mengibarkan bendera raksasa bergambarkan muka Diego Maradona pada laga Liga Italia kontra Lazio di Stadion San Paolo pada 13 April 2014. AFP/CARLO HERMANNFans Napoli mengibarkan bendera raksasa bergambarkan muka Diego Maradona pada laga Liga Italia kontra Lazio di Stadion San Paolo pada 13 April 2014.

KOMPAS.com - Markas Napoli kini resmi berganti nama menjadi Stadion Diego Armando Maradona.

Perubahan nama stadion itu sudah disetujui oleh pemerintah kota Naples pada Jumat (4/12/2020) waktu Italia.

"Dengan resolusi yang disetujui hari ini, stadion itu dinamai Diego Armando Maradona," demikian pernyataan pemerintah kota Naples, seperti dikutip dari Football Italia.

“Resolusi itu diusulkan oleh Walikota Luigi de Magistris, oleh Anggota Dewan Toponymy Alessandre Clemente dan ditandatangani oleh seluruh Dewan Kota, yang bertemu di Palazzo San Giacomo," sambung pernyataan tersebut.

Baca juga: Tujuh Hari Kepergian Maradona, Pele Tulis Pesan Menyentuh

"Rumah" Napoli sedianya bernama San Paolo. Berganti nama menjadi Stadion Diego Armando Maradona untuk menghormati legenda mereka, Maradona, yang wafat pada 25 November lalu karena gagal jantung.

Napoli diperkuat Maradona pada rentang 1984-1991 dan sempat menjadi raja Italia dan Eropa dalam periode itu.

Bersama "Si Tangan Tuhan", Il Partenopei dua kali juara Liga Italia (1986-1987 dan 1989-1990) dan satu Piala UEFA (1988-1989), yang saat ini bernama Liga Europa.

Itu adalah dua scudetto pertama dan terakhir yang dimiliki Napoli hingga saat ini.

Baca juga: Pekan Depan, Markas Napoli Berubah Jadi Stadion Diego Armando Maradona

Begitu juga dengan Piala UEFA, yang masih menjadi gelar satu-satunya di Napoli di kancah Eropa.

Selain mengubah nama stadion, Napoli sebelumnya juga telah memensiunkan nomor 10.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X