Arti Penting Olimpiade Harus Berlangsung bagi Perusahaan Jepang

Kompas.com - 10/11/2020, 13:39 WIB
Ilustrasi gerai Starbucks di Asakusa, Tokyo, Jepang buka kembali setelah tutup akibat Covid-19, (20/5/2020). SHUTTERSTOCK/IMAGE_VULTUREIlustrasi gerai Starbucks di Asakusa, Tokyo, Jepang buka kembali setelah tutup akibat Covid-19, (20/5/2020).

TOKYO, KOMPAS.com - Olimpiade Tokyo pada 2021 akan lebih baik jika berlangsung, menurut hemat sebagian besar perusahaan Jepang.

Pada Selasa (10/11/2020) Reuters membuat survei ke para pelaku usaha di Jepang.

Baca juga: Olimpiade Tokyo, Contoh Penempatan Atlet di Penampungan

Reuters menggandeng Nikkei pada survei itu dengan menyasar 485 perusahaan.

Dari jumlah itu, 220 perusahaan memberikan jawaban dalam bentuk anonimitas atau jawaban yang tidak menyertakan nama pemberi jawaban.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide SugaCharly Triballeau/Pool Photo via AP Photo Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga

"Dorongan ekonomi pasti akan berkurang dengan peraturan pembatasan penonton, tapi hal itu akan lebih baik dari pada tidak sama sekali," kata sebagian besar responden.

Komite Olimpiade Jepang dan panitia lokal membuat kebijakan bahwa perhelatan Olimpiade Tokyo nantinya akan dikenai peraturan jumlah penonton terbatas.

Warga dengan masker pelindung menjaga dari penularan virus COVID-19, mengantre secara berjarak untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020).ANTARA FOTO/REUTERS/KYODO Warga dengan masker pelindung menjaga dari penularan virus COVID-19, mengantre secara berjarak untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020).

Sebelumnya, pada Juli 2020, NHK membuat survei publik kepada masyarakat Jepang.

Dari total jumlah responden, dua pertiga memberi jawaban bahwa Olimpiade harus dibatalkan.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga sudah menegaskan bahwa Olimpiade Tokyo harus berlangsung meski dengan menempatkan kebijakan-kebijakan khusus sebagaimana pencegahan penyebaran corona.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X