Jepang Jamin Kesiapan Arena Olimpiade Tokyo

Kompas.com - 12/06/2020, 19:49 WIB
Warga dengan masker pelindung menjaga dari penularan virus COVID-19, mengantre secara berjarak untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/KYODOWarga dengan masker pelindung menjaga dari penularan virus COVID-19, mengantre secara berjarak untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020).

TOKYO, KOMPAS.com - Penyelenggara Olimpiade Tokyo menjamin bahwa kesiapan arena sudah tersedia hingga 80 persen.

Pelaksanaan Olimpiade itu sendiri diundur hingga 2021 dari semula pada 2020.

Rencana awalnya, ada 43 lokasi olahraga termasuk 8 lokasi baru yang dibangun.

Baca juga: Olimpiade Tokyo, Mayoritas Sponsor Mulai Tak Yakin

Di Tokyo, Stadion Nasional sudah disiapkan untuk upacara pembukaan dan penutupan.

Sementara itu, lembaga penyiaran milik pemerintah Jepang, NHK, membuat riset kepada para sponsor tentang kelanjutan pelaksanaan Olimpiade.

Hasil riset menunjukkan, sekitar 65 persen responden mengatakan tidak punya bayangan apakah pada 2021 kondisi keuangan mereka bisa lebih baik demi menyokong perhelatan itu.

Obor Olimpiade diarak pada acara penyerahan api Olimpiade untuk Olimpiade Tokyo 2020 pada 19 Maret 2020. Seremoni diadakan tanpa penonton sebagai langkah pencegahan dari penyebaran virus corona.AFP/ARIS MESSINIS Obor Olimpiade diarak pada acara penyerahan api Olimpiade untuk Olimpiade Tokyo 2020 pada 19 Maret 2020. Seremoni diadakan tanpa penonton sebagai langkah pencegahan dari penyebaran virus corona.

"Aktivitas promosi perusahaan sekitar Olimpiade jauh berkurang karena adanya larangan berkerumun," kata responden.

Para responden yang juga sponsor itu juga cemas apabila pelaksanaan Olimpiade Tokyo akhirnya dibatalkan.

"Beberapa pejabat Olimpiade sempat mengatakan bawa Olimpiade harus berlangsung pada 2021 atau tidak sama sekali," kata para sponsor.

Ilustrasi penyebaran virus coronaShutterstock Ilustrasi penyebaran virus corona

Pandemi yang belum usai kata mereka memang memunculkan ketidakpastian.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X