Anthony Joshua: Rasialisme adalah Pandemi

Kompas.com - 07/06/2020, 12:00 WIB
Petinju asal Inggris, Anthony Joshua, berbicara di hadapan awak media pada sesi konferensi pers di London, Inggris, Jumat (27/4/2017). AFP/DANIEL LEAL-OLIVASPetinju asal Inggris, Anthony Joshua, berbicara di hadapan awak media pada sesi konferensi pers di London, Inggris, Jumat (27/4/2017).

KOMPAS.com - Juara dunia tinju kelas berat, Anthony Joshua, mengibaratkan tindak rasialisme sebagai pandemi.

Hal tersebut ia utarakan saat berbicara di depan para pengunjuk rasa yang terlibat dalam aksi bertajuk "Black Lives Matter".

Aksi itu masih berkaitan dengan insiden yang menimpa seorang lelaki Afrika-Amerika bernama George Floyd di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat.

Floyd diketahui tewas setelah lehernya ditindih oleh Derek Chauvin, polisi yang menindaklanjuti laporan bahwa korban membeli barang dengan uang palsu.

Kematian Floyd bersinggungan dengan isu ketidakadilan berbau rasial yang kerap terjadi di Amerika Serikat.

Baca juga: Israel Adesanya Ungkap Ketakutan Warga Kulit Putih saat Pidato Aksi George Floyd

Peristiwa itu kemudian mengundang respons sejumlah tokoh dari berbagai negara, termasuk Anthony Joshua yang merupakan atlet tinju profesional asal Inggris.

Dia memilih turun langsung ke lapangan, berbaur dengan pengunjuk rasa yang mengumandangkan protes di kota kelahirannya, Watford.

Sambil mengenakan pelindung lutut, Anthony Joshua berbicara di depan ratusan orang, menyindir segala bentuk tindak rasisme yang masih kerap terjadi.

"Virus itu telah dinyatakan sebagai pandemi," ucap Anthony Joshua, dikutip dari BBC.

"Ini di luar kendali. Saya tidak berbicara tentang Covid-19. Virus yang saya bicarakan ini disebut rasialisme," ujarnya.

Halaman:

Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X