Israel Adesanya Ungkap Ketakutan Warga Kulit Putih saat Pidato Aksi George Floyd

Kompas.com - 06/06/2020, 04:20 WIB
Pertarungan Israel Adesanya vs Yoel Romero pada UFC 248 yang digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (8/3/2020). AFP/GETTY IMAGES/HARRY HOWPertarungan Israel Adesanya vs Yoel Romero pada UFC 248 yang digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (8/3/2020).
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Bintang UFC keturunan Selandia Baru-Nigeria, Israel Adesanya, bergabung dengan aksi unjuk rasa di Selandia Baru untuk memprotes kematian George Flyod.

Tak sekedar hadir, Israel Adesaya sempat memberikan pidato secara emosional di hadapan ribuan orang di Auckland.

George Floyd adalah pria berkulit hitam yang meninggal setelah lehernya ditindih lutut polisi berkulit putih, Derek Chauvin, ketika ia tiarap, diborgol, dan tidak membawa senjata saat sedang diamankan.

Lelaki setinggi 2 meter itu ditangkap dengan tuduhan memakai uang palsu untuk bertransaksi di toko kelontong pada 25 Mei untuk membeli rokok di Mineeapolis, Amerika Serikat.

Floyd pergi untuk selamanya setelah Chauvin menindih leher pria tersebut selama 8 menit dan 46 detik. Kejadian tersebut direkam video dan sontak viral.

Chauvin lalu divonis dengan aksi pembunuhan tingkat ketiga dan ia dikejar untuk pembunuhan tingkat pertama.

Chauvin dan tiga polisi lain yang berada di lokasi telah dipecat dari Kepolisian Minneapolis. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Daftar Petarung Terhebat UFC Versi George St-Pierre, Israel Adesanya Teratas

Insiden pembunuhan ini lalu memantik demonstrasi besar-besaran di Amerika Serikat (AS) dengan mengangkat isu rasialisme.

Lebih dari 30 kota di AS melakukan unjuk rasa yang memicu kerusuhan.

"Saya harus bicara. Saya sudah melakukannya (aksi protes) selama dua minggu terakhir pada cerita (Instagram) saya. Jika Anda menontonnya, Anda melihatnya. Saya sudah marah," kata Adesanya dilansir BolaSport.com dari Newscom.au.

"Saya akan mati. Berapa banyak dari Anda yang masuk ke toko dan harus meletakkan tangan Anda di belakang agar mereka tidak berpikir Anda mencuri?" ucap Adesanya. (Delia Mustikasari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.