Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahul Pinem Menang Sabuk WBC Asia Silver di Ajang HSS Series 5

Kompas.com - 22/04/2024, 04:17 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Rahul Pinem memenangi sabuk WBC Asia Silver setelah mengalahkan Larry Siwu dalam pertandingan tinju kelas Welterweight.

Laga Rahul dengan Larry berlangsung di Indonesia Arena pada Minggu (21/4/2024).

Pertandingan ini merupakan 1 dari 14 laga yang digelar Holywings Sport Show (HSS) Series 5 Jakarta. Acara ini menghadirkan pertandingan tinju yang diikuti oleh profesional dan selebritas.

Rahul dengan Larry memainkan delapan ronde dalam laga kali ini. Rahul menang nilai 231 berbanding 225 milik Larry.

Sejak bel ronde pertama berbunyi, Rahul langsung melancarkan serangan bertubi-tubi ke arah Larry. Petinju 42 tahun ini berupaya untuk keluar dari serangan hingga akhirnya bisa dan berbalik menyerang Rahul.

Baca juga: Anthony Engelen Siap Tarung di HSS Series 5 dengan 10 Jahitan di Kaki

Larry menguasai jalannya ronde kedua dengan ketiga, di mana pukulannya banyak mengenai sasaran.

Rahul yang terlihat lebih bertahan di ronde kedua-ketiga, berbalik menyerang saat masuk babak keempat. Dia memulai dengan agresif, serta tidak menurunkan tempo serangan.

Memasuki ronde kelima, kedua petinju terlihat menurunkan tempo serangan dan kekuatan pukulannya.

Rahul memiliki peluang untuk memenangi laga di ronde keenam kala ia telah menyudutkan Larry dan meninjunya berkali-kali.

Baca juga: HSS Series 5 Segera Bergulir, Emban Misi Mulia untuk Tinju Indonesia

Larry Siwu (kiri) dan Rahul Pinem (kanan) bertanding tinju dalam ajang HSS Series 2, pada Minggu (21/4/2024) malam WIB.KOMPAS.com/Leonardo Juan Larry Siwu (kiri) dan Rahul Pinem (kanan) bertanding tinju dalam ajang HSS Series 2, pada Minggu (21/4/2024) malam WIB.

Hingga ronde kedelapan, kedua pemain tidak ada yang kalah secara knockout ataupun technical knockout. Penentuan kemenangan ditentukan dengan perhitungan nilai.

Hasilnya, Rahul menang atas Larry di pertandingan kali ini.

Berkat kemenangan atas Larry, Rahul berhak mendapat sabuk WBC Asia Silver. Meski menang, Rahul mengakui tidak mudah untuk mengalahkan seniornya di dunia tinju.

"Dia petinju banget, style-nya tinju banget. Dia mengerti bagaimana cara meng-counter dan masuk, itu yang paling susah. Rahul harus menunggu, masuk nunggu, masuk nunggu, karena Rahul baru dua kali main boxing, dia sudah hampir 40 kali lebih,” kata Rahul kepada Kompas.com.

Baca juga: Pujian bagi HSS Series 3 Chapter Bali, Bisa Bangkitkan Ekosistem Tinju

Sebagai informasi, ajang HSS Series 5 kali ini untuk pertama kalinya menggelar acara di Indonesia Arena dan bukan pada outlet mereka.

Sekitar 16.000 penonton diperikirakan hadir di acara kali ini.

Rahul yang menang di Indonesia Arena tidak menyangka bisa bermain di tempat yang memiliki kapasitas besar.

“Tentunya ini pertama kali saya tanding, penonton sebanyak ini, spektakuler ini. Pertama masuk jantung langsung berdebar kayak kalian melihat sesuatu yang belum pernah kalian lihat di dunia ini,” ucap Rahul.

Terdapat momen menarik kala keduanya menyelesaikan laga dan pengumuman hasil. Rahul dan Larry tampak secara bergantian bersujud dan bergantian mencium kaki masing-masing.

"Rahul mencium kaki itu, rasa hormat Rahul, rasa respect Rahul, rasa menghargai Rahul itu kenapa? Karena dia petinju, salah satu yang membanggakan Indonesia. Dia salah satunya yang membanggakan Indonesia,” kata Rahul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com