Ini Timeline Liga Inggris Dimulai Lagi Menurut 'Project Restart'

Kompas.com - 13/05/2020, 11:40 WIB
Anthony Martial (kanan) merayakan golnya bersama rekan satu timnya pada laga Manchester United vs Manchester City dalam lanjutan pekan ke-29 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 8 Maret 2020. AFP/OLI SCARFFAnthony Martial (kanan) merayakan golnya bersama rekan satu timnya pada laga Manchester United vs Manchester City dalam lanjutan pekan ke-29 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 8 Maret 2020.

KOMPAS.com - Premier League, kasta teratas Liga Inggris, akhirnya mencapai kata sepakat untuk memulai kembali kompetisi pada medio Juni 2020. Sebelum partai comeback bisa bergulir, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui.

Klub-klub Premier League bertemu secara virtual selama lima jam pada Senin (11/5/2020).

Menurut BBC para perwakilan klub "menunjukkan keinginan keras untuk berdiskusi dan menyepakati langkah kolektif ke depan."

Hal ini untuk menghindari kerugian 1 miliar pound apabila Premier League gagal menyelesaikan musim 2019-2020.

Baca juga: Normalitas Baru Liga Inggris, Buang Muka Saat Ditekel!

Kendati begitu, ke-20 klub Liga Inggris tetap harus mengembalikan 340 juta pound ke pemegang hak siar domestik dan internasional sekali pun musim bergulir kembali tanpa penonton.

Hal ini karena jadwal pertandingan bergulir jauh dari agenda awal dan tanpa penonton.

"Apapun yang terjadi, akan ada kehilangan pendapatan signifikan dari para klub. Hal ini tak terhindarkan," tutur Richard Marsters, Chief Executive Premier League.

"Kami bisa membayangkan apa yang bakal terjadi di berbagai skenario, memainkan atau membatalkan musim, agar dapat gambaran jelas di mana kita sekarang pada awal Mei," lanjutnya.

Baca juga: Liga Inggris Resmi Dimulai Lagi Juni 2020, Tanpa Penonton

Ini juga kali pertama klub-klub membicarakan kemungkinan pembatalan musim walau pada pertemuan sama mereka juga sepakat untuk tidak menggelar pertandingan di venue netral, seperti yang sempat diusulkan.

Namun, hal keputusan akhir mengenai venue netral ini akan tergantung ke pihak kepolisian dan otoritas keamanan stadion yang memberi lisensi ke setiap venue Liga Inggris.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X