Faktor Pemain Indonesia Sulit Berkarier di Luar Negeri dari Sisi Psikologi

Kompas.com - 12/05/2020, 21:20 WIB
Aksi Egy Maulana Vikri dalam laga timnas u23 Indonesia vs Laos dalam pentas SEA Games 2019 di Stadion Imus, Filipina, Kamis (5/12/2019). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGAksi Egy Maulana Vikri dalam laga timnas u23 Indonesia vs Laos dalam pentas SEA Games 2019 di Stadion Imus, Filipina, Kamis (5/12/2019).

KOMPAS.com - Jumlah pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri tak lebih dari jumlah jari satu tangan.

Hanya ada dua yang saat ini aktif tercatat sebagai pemain klub dari luar negeri. Mereka adalah Egy Maulana Vikri dan Rudolof Yanto Basna.

Keduanya merupakan pemain timnas Indonesia. Egy bermain untuk klub Polandia, Lechia Gdansk, sementara Yanto Basna berseragam tim Thailand, PT Prachuap FC.

Super agen asal Indonesia, Gabriel Budi Liminto, menyebut faktor mental dan kualitas menjadi alasan sulitnya pemain Indonesia tembus pasar luar negeri.

Baca juga: Timnas Indonesia Pernah Punya Kapten yang Ditahan oleh Soeharto

Soal faktor mental, karakter pemain Indonesia dengan pemain luar negeri tentu berbeda.

Akan tetapi, secara garis besar memiliki benang merah yang sama dalam kacamata psikologi.

Konselor olahraga, Dianita Iuschinta mengatakan, ada faktor penting lainnya yang harus dimiliki pemain Indonesia jika benar-benar ingin berkiprah di luar negeri.

"Satu lagi yang penting dimiliki pemain Indonesia andai betul-betul ingin berkarier di luar negeri, resiliensi," ungkap Dianita.

Resiliensi, kata Dianita, merupakan kemampuan adaptasi mengatasi kondisi krisis, mudahnya adalah tahan banting.

Baca juga: Hanya Hitungan Jari yang Berkiprah di Luar Negeri, Pemain Indonesia Jago Kandang?

Jika mengacu dalam ilmu psikologi, resiliensi berarti kemampuan mempertahankan stabilitas psikologis dalam menghadapi stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X