Hanya Hitungan Jari yang Berkiprah di Luar Negeri, Pemain Indonesia Jago Kandang?

Kompas.com - 12/05/2020, 13:00 WIB
Pemain Timnas U-23 Indonesia, Egy Maulana melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Myanmar dalam pertandingan Semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Timnas Indonesia menang 4-2 dari Myanmar. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPemain Timnas U-23 Indonesia, Egy Maulana melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Myanmar dalam pertandingan Semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Timnas Indonesia menang 4-2 dari Myanmar.

KOMPAS.com - Tidak banyak pemain Indonesia yang meniti karier di luar negeri karena bisa dihitung dengan jari satu tangan.

Sebut saja dua pemain timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri dan Rudolof Yanto Basna.

Nama pertama yang disebut bermain untuk klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Sementara itu Yanto Basna bermain di negeri Thailand memperkuat PT Prachuap FC.

Egy Maulana Vikri mengakui cukup kesulitan untuk sekadar tembus 18 pemain yang dibawa oleh sang pelatih.

Kontrak dia bersama Lechia Gdansk menyisakan satu tahun. Tetapi, Egy tetap ingin bermain di Eropa.

Baca juga: Media Vietnam Soroti Penyataan Luis Milla soal Kualitas Pemain Timnas Indonesia

Adapun Yanto Basna sudah musim ketiga bermain untuk klub asal Thailand.

Sebelumnya, pemain kelahiran Sorong, Papua, itu sempat berseragam Khon Kaen FC dan Sukhothai, masing-masing satu tahun.

Jumlah pemain Indonesia yang bermain untuk klub luar negeri jauh berbeda dengan negara tetangga ASEAN lainnya seperti Thailand.

Pemain-pemain Thailand cukup banyak yang berkiprah di luar negeri seperti Chanatip Songkrasin, Tawan Khotsupho, Teerasil Dangda, Theerathon Bunmathan, dan Kawin Thamsatchanan yang bermain di Jepang.

Jumlah pemain Thailand tersebut belum terhitung dengan yang berkarier di negara lainnya meski hanya sepintas di Asia Tenggara.

Baca juga: Gabriel Budi Ungkap Alasan Pemain Indonesia Sulit Tembus Pasar Eropa

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X