Selama Vaksin Covid-19 Belum Ditemukan, Olimpiade 2021 Sulit Digelar

Kompas.com - 18/04/2020, 14:40 WIB
Logo Olimpiade Tokyo 2020 ShutterstockLogo Olimpiade Tokyo 2020

KOMPAS.com - Olimpiade Tokyo 2021 disebut bakal sulit terselenggara jika vaksin Covid-19 belum ditemukan.

Akibat pandemi virus corona, Olimpiade Tokyo yang seharusnya digelar tahun ini terpaksa ditunda oleh Pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 24 Maret 2020.

Olimpiade Tokyo ditunda selama satu tahun dan rencananya digelar pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2021.

Setelah diputuskan ditunda, panitia penyelenggara Olimipade Tokyo langsung membentuk gugus tugas untuk membuat rencana selama setahun ke depan.

"Kami membentuk gugus tugas untuk menciptakan struktur yang mampu mengatasi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Presiden Olimpiade Tokyo, Yoshiro Mori, dikutip dari situs BBC Sport.

"Langkah ini adalah kemajuan untuk bisa memastikan persiapan kami selama lima hingga enam tahun terakhir tidak sia-sia. Kami akan terus bekerja sama dengan pemangku kepentingan lain untuk memastikan Olimpiade sukses," ujar Yoshiro Mori menambahkan.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2021, Penundaan Jadwal Butuh Tambahan Biaya

Menurut Profesor Devi Sridhar dari Universitas Edindburgh, penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2021 tidak ditentukan oleh persiapan teknis.

Menurutnya, nasib Olimpiade Tokyo 2021 sangat tergantung kepada vaksin Covid-19 yang hingga saat ini belum ditemukan.

Jika sampai 2021 vaksin Covid-19 belum ditemukan, Profesor Sridhar ragu Olimpiade Tokyo bisa terselenggara.

"Kami mendengar para ilmuwan baru bisa menemukan vaksin Covid-19 sekitar satu atau satu setengah tahun lagi," ujar Porfesor Sridhar.

Halaman:


Sumber BBC Sport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X