Saat Mental Pemenang Selamatkan Tontowi/Liliyana di Kejuaraan Dunia 2013

Kompas.com - 18/04/2020, 12:30 WIB
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad (kanan)/Liliyana Natsir, bertahan dari serangan Ong Jian Guo/Lim Yin Loo dari Malaysia pada babak kedua World Championships 2013 di Tian-He Indoor Gymnasium, Guangzhou, China, Selasa (6/8/2013).
badmintonindonesia.orgGanda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad (kanan)/Liliyana Natsir, bertahan dari serangan Ong Jian Guo/Lim Yin Loo dari Malaysia pada babak kedua World Championships 2013 di Tian-He Indoor Gymnasium, Guangzhou, China, Selasa (6/8/2013).

KOMPAS.com - Keberhasilan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi pemenang di Kejuaraan Dunia 2013 menjadi salah satu dari serangkaian prestasi bulu tangkis Indonesia yang tak akan pernah terlupakan.

Sebab, saat itu Tontowi/Liliyana nyaris gagal meraih gelar juara dunia pertama mereka sejak dipasangkan.

Bermain di Tianhe Sports Center, Guangzhou, China, 11 Agustus 2013, Tontowi/Liliyana memboyong medali juara dunia setelah mengalahkan wakil tuan rumah.

Perjalanan Tontowi/Liliyana di partai final pun terbilang tidak mudah.

Meski mampu menuntaskan gim dengan margin angka cukup jauh di gim pertama, Tontowi/Liliyana harus melepas gim kedua dan melakoni gim penentu.

Baca juga: Sebut Olimpiade Penuh Misteri, Liliyana Natsir: Indonesia Punya Peluang Beri Kejutan

Di gim ketiga, pertandingan berjalan ketat sejak kedudukan 9-9 dan Tontowi/Liliyana terus tertinggal hingga 18-20.

Alih-alih menyerah, Tontowi/Liliyana yang kala itu diunggulkan di tempat ketiga justru tampil  tenang dan menujukkan mental pemenang menghadapi pasangan Xu Chen/Ma Jin.

Ketenangan dan mental pemenang itulah yang membuat Owi/Butet bisa menyamakan kedudukan menjadi 20-20 dan memenangi pertandingan.

Pasangan ganda campuran yg akrab disapa Owi/Butet itu menang tiga gim 21-13, 16-21, 22-20 atas unggulan pertama Xu Chen/Ma Jin

Melansir Harian Kompas, 12 Agustus 2013, Tontowi mengatakan terbiasa bermain di bawah tekanan sehingga ia serta Liliyana bisa tampil tenang dan lebih baik daripada lawan di akhir gim ketiga.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X