Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Virus Corona, Khabib Nurmagomedov Latihan di Gym yang Ditutup 22 Jam Per Hari

Kompas.com - 21/03/2020, 13:30 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Khabib Nurmagomedov berupaya terus berlatih secara normal di tengah pandemi virus corona. Salah satunya adalah terus menggeber diri di gym atau pusat kebugaran tertutup jelang UFC 249.

Khabib Nurmagomedov akan menghadapi Tony Ferguson pada main event UFC 249 yang rencananya bergulir pada 18 April 2020.

Duel di divisi kelas ringan ini adalah rencana pertemuan mereka yang kelima setelah empat duel sebelumnya dalam empat tahun terakhir gagal bergulir.

Baca juga: Gaya Latihan Tony Ferguson Bikin Kubu Khabib Nurmagomedov Khawatir

Kali ini pun, duel Khabib Nurmagomedov kontra Tony Ferguson juga masih dibayangi ketidak pastian. Penyebabnya apalagi kalau bukan pandemi virus corona yang telah menjalar ke seluruh dunia.

UFC sejauh ini mengatakan bahwa duel tersebut tetap akan bergulir.

Oleh karena itu, petarung asal Dagesta ini pun terus melakoni latihan intensif.

Salah satunya adalah dengan menggunakan pusat kebugaran di American Kickboxing Academy (AKA), salah satu gym mixed martial arts terbaik dan paling populer di Amerika Serikat yang terletak di San Jose, California.

Namun, AKA hanya akan dibuka untuk Khabib Nurmagomedov.

Gym tersebut bakal ditutup 22 jam sehari dan sisanya menjadi sesi pribadi bagi sang juara kelas ringan tersebut yang akan berlatih dengan kru minim.

Baca juga: Khabib Nurmagomedov Anggap Tony Ferguson sebagai Batu Loncatan dalam Kariernya

Nurmagomedov juga mempunyai partner sparring yang keduanya berasal dari Dagestan.

Mereka adalah petarung kelas ringan UFC, Islam Makhachev, dan petarung PFL Islam Mamedov.

Selain itu, Khabib juga bekerja bersama dua fighter lain, Saygid Izagakhmaev dan Tagir Ulanbekov.

Manajer Khabib, Ali Abdelaziz, mengutarakan bahwa persiapan sang petarung terpengaruh pandemi Covid-19. Akan tetapi ia tetap melakoni training camp dengan harapan akan bertarung.

"Ia harus bertarung. Sikapnya adalah 'saya harus bertarung, saya di sini untuk bertarung, dan sebelum ada yang mengatakan hal lain, saya berlatih untuk bertarung'," tutur Mendez seperti dikutip dari ESPN.

Penduduk Area San Francisco di mana gym tersebut terletak telah dihimbau untuk tetap berada di rumah mereka dan menjauhi orang lain sebanyak mungkin untuk tiga minggu ke depan terhitung Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Setelah Pemerintah Turun Tangan, Liga Turki Akhirnya Mau Berhenti

Mendez pun mengutarakan bahwa Khabib dan timnya mematuhi arahan tersebut karena pusat kebugaran AKA tetap tertutup dan hanya sang juara kelas ringan yang berlatih di sana beserta orang-orang yang selalu bersamanya.

"Ini privat," tutur Mendez. "Kami tidak terbuka untuk publik. Kami hanya melakukan kegiatan rutin dan kami tidak banyak orang. Jadi, ini baik-baik saja."

Kepastian laga ini memang masih abu-abu. Dana White, Presiden UFC, mengatakan bahwa UFC 249 bakal tetap bergulir tetapi ia masih belum mengumumkan lokasi pertarungan.

Duel tak bisa lagi diadakan di Brooklyn, sesuai jadwal awal, setelah Komisi Atletik New York tidak memberi izin pertarungan berhubungan dengan pandemi virus corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com