Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Senyawa Keton

Kompas.com - 08/01/2024, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Senyawa keton adalah senyawa dengan gugus karbonil yang terikat pada dua atom karbon. Apa saja contoh senyawa keton? Contoh senyawa keton adalah aseton, butanon, dan sikloheksanon.

Aseton

Contoh senyawa keton adalah aseton atau yang memiliki nama kimia dimetil keton dengan rumus CH3COCH3.

Dilansir dari Lumen Learning, aseton adalah senyawa keton paling sederhana yang dibuat dengan cara memfermentasi jagung dan molase atau dengan oksidasi 2-propanol.

Aseton adalah cairan tidak berwarna dengan bau dan rasa yang khas. Fungsi aseton adalah pelarut vernis, cat kuku, dan selulosa, penghapus vernis dan cat kuku, pembuatan plastik, serat, obat, dan bahan kimia lainnya.

Baca juga: Keton: Sifat dan Kegunaanya

Butanon

Contoh senyawa keton selanjutnya adalah butanon. Butanon atau metil etil keton memiliki rumus kimia CH3C(O)CH2CH3.

Butanon adalah cairan tidak berwarna yang berbau manis dan tajam mirip dengan aseton. Namun, butanon mendidih pada suhu yang lebih tinggi daripada aseton.

Dilansir dari American Chemical Society, butanon digunakan sebagai pelarut vernis, pelapis, penghilang cat, pembersih, penghilang lemak, juga sebagai bahan dalam pembuatan plastik, lilin, dan berbagai produk tekstil.

Baca juga: Reaksi pada Gugus Aldehida dan Keton

Sikloheksanon

Contoh senyawa keton selanjutnya adalah sikloheksanon yang memiliki rumus kimia (CH2)5CO.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, sikloheksanon adalah senyawa keton berupa molekul siklik enam karbon dengan gugus fungsi keton.

Sikloheksanon merupakan cairan berminyak yang memiliki bau aseton dan berwarna bening hingga kuning.

Sikloheksanon berfungsi sebagai penghilang cat dan vernis, penghilang noda, media reaksi kimia, pewarna dan pengkilap sutra, pelarut, juga bahan pembuatan nilon, resin, vernis, dan minyak pelumas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com