Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud Generasi Digital Native? Ini Penjelasannya ....

Kompas.com - 28/06/2023, 20:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para siswa atau murid-murid yang lahir di era tahun 2000-an merupakan generasi digital native.

Perilaku mereka mencerminkan fasil dalam berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahwan mempelajari ketrampilan sesuai kebutuhan belajar mereka.

Lalu, apa yang dimaksud dengan generasi digital native?

Baca juga: Jangan Tertukar, Ini Pengertian Generasi X, Z, Milenial, dan Baby Boomers

Penjelasan generasi digital native

Dilansir dari buku Praktik Sosial Pemustaka Digital Natives (2022) oleh Endang Fatmawati, digital natives dalam konteks pemustaka adalah orang yang sudah mengenal teknologi sejak dini dan sudah terbiasa menggunakan teknologi informasi dalam akses informasi di kehidupan sehari-harinya.

Generasi digital native adalah mereka yang lahir tahun 1980 ke atas, yang kerap menggunakan teknologi baru seperti, internet, video gim, telepon seluler, dan semua peralatan dalam era digital.

Sebaliknya, generasi yang lahir sebelum tahun 1980 dan tidak dilahirkan dalam dunia digital disebut dengan "digital immigrants".

Baca juga: 8 Penyakit yang Mengintai Generasi Milenial

Selain itu, pada hasil penelitian yang dikemukakan oleh Prensky dalam tulisannya yang berjudul "Digital natives, Digital Immigrants, part II: Do They Really Think Differently?", dijelaskan bahwa digital natives bisa dikatakan sebagai generasi yang hidup dalamdunia digital.

Artinya, mereka lahir di tengah pertumbuhan komputer dan internet yang sangat pesat.

Menurut dia, digital natives juga berarti generasi yang mempunyai ketergantungan dengan perangkat teknologi.

Pemustaka digital natives sangat lekat dan tidak bisa lepas dari gawai, sehingga bisa disebut juga dengan pemustakan yang lahir pada abad digital.

Ciri-ciri generasi digital natives

Dikutip dari buku Spiritial Skill, Best Practice, Generasi Digital (2016) oleh Dicki Agus Nugrono, digital natives jika ditilik berdasarkan tahun kelahiran bisa terbagi menjadi generasi X, Y, dan Z.

Generasi X (lahir tahun 1965-1980) yang lahirnya generasi ini menjadi awal penggunaan personal computer (PC), video games, TV kabel, dan internet.

Selanjutnya, generasi Y (lahir tahun 1981-1994) dikenal dengan istilah generasi milenial atau milenium.

Mereka banyak menggunakan teknologi informasi komunikasi serba instan seperti email, SMS, pesan instan, dan media sosial seperti facebook, dan Twitter.

Selain itu, hiburan mereka juga main game online.

Baca juga: Bagaimana Pendapatmu tentang Permainan Anak Zaman Dahulu dan Permainan Zaman Milenial? Jawaban Soal TVRI 23 Juli SD Kelas 4-6

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com