Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Jenis-jenis Penelitian Geografi 

Kompas.com - 24/11/2022, 19:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Sama seperti halnya penelitian yang lain, ilmu geografi juga membutuhkan penelitian yang bersifat ilmiah. 

Di mana tujuan penelitian geografi untuk mencari, mengkaji, dan menganalisis temuan data sesuai dengan kebutuhannya. 

Dilansir dari buku Metode Penelitian Geografi (2008) oleh Epon Ningrum mengatakan, pengertian penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan secara sistematis untuk memecahkan permasalahan dalam lingkup geografi. 

Obyek penelitian geografi umumnya yang berkaitan dengan geografi, dengan menjadikan region atau bagian wilayah luas sebagai obyek penelitiannya. 

Sifat-sifat penelitian geografi yaitu ilmiah, berbasis penemuan, berbasis pengembangan, sebagai pemecah masalah, dan menguji kebenarn. 

Baca juga: Penerapan Konsep Geografi

Jenis-jenis penelitian geografi 

Disadur dari buku Metodologi Penelitian (2002) oleh W. Gulo, terdapat tiga jenis penelitian geografi yang sering digunakan, yaitu penelitian eksploratif, deskriptif, dan eksplanatif. 

Berikut penjelasannya: 

  • Penelitian eksploratif 

Penelitian eksploratif adalah penelitian dengan mencari penyebab sebuah gejala yang sedang terjadi. Penelitian ini memerlukan penjajakan yaitu harus melakukan eksplorasi terhadap obyek penelitian. Contohnya dengan wawancara. 

Jika dikaitkan dengan penelitian geografi, penelitian eksploratif juga mencari tahu penyebab peristiwa geosfer. Caranya dengan melakukan wawancara warga masyarakat, mengamati obyek penelitian, dan lainnya. 

Penelitian deskriptof mengkaji bagaimana sebuah peristiwa terjadi. Penelitian ini mencari tahu proses terjadinya sebuah peristiwa secara rinci dan akurat. Dalam penelitian ini umumnya menggunakan vaiabel yang berkaitan dengan obyek penelitian. 

Penelitiak deskriptif pada ilmu geografi berisi penjelasan proses terjadinya peristiwa geosfer. Selain itu juga menjelaskan penyebab peristiwa geosfer terjadi. 

Baca juga: Penelitian Geografi: Pengertian, Sifat, Jenis dan Contoh Judulnya

  • Penelitian eksplanatif 

Jenis penelitian yang menjelaskan alasan sebuah peristiwa terjadi. Penelitian eksplanatif menggunakan variabel yang berkaitan dengan obyek penelitian untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi. 

Penelitian eksplanatif dalam ilmu geografi umumnya menjelaskan alasan peristiwa geosfer terjadi dan mencari penyebab di balik terjadinya peristiwa tersebut. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com