Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Dikaji dalam Geografi Fisik?

Kompas.com - 04/08/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Geografi fisik merupakan salah satu ruang lingkup ilmu geografi. Digunakan untuk mengkaji beberapa hal yang sifatnya fisik.

Menurut Yulia Siska dalam buku Geografi Sejarah Indonesia (2017), geografi fisik adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari gejala fisik permukaan Bumi.

Gejala fisik ini mencakup tanah, air, udara, beserta segala prosesnya.

Pengertian geografi fisik adalah bidang ilmu yang membahas sejumlah elemen penting dalam lingkungan fisik manusia.

Apa saja yang dikaji dalam geografi fisik?

Dilansir dari buku Informasi Geospasial: Penggunaan ArcGIS Online dan GPS Essentials untuk Pembuatan Website GIS (2021) karya Andi Jumardi dkk, hal yang dikaji dalam geografi fisik adalah lahan (landscape).

Adapun yang dimaksud lahan ini merupakan bagian ruang dari permukaan Bumi yang dibentuk oleh interaksi dan interdependensi (kesalingbergantungan) bentuk lahan.

Baca juga: Ruang Lingkup Geografi: Fisik, Regional, dan Sosial

Perhatian utama ilmu geografi fisik terletak pada lapisan hidup dari lingkungan fisik, yakni zona daratan dan lautan yang di dalamnya memiliki fenomena kehidupan.

Dikutip dari buku Geomorfologi Dasar (2020) oleh Sutikno dkk, obyek kajian geografi fisik ialah lapisan tipis di permukaan Bumi sebagai tempat hidup, dan bertemunya daratan serta lautan.

Obyek kajian geografi fisik juga turut menyelidiki berbagai proses yang terjadi pada lapisan kehidupan, baik yang bersifat kimiawi maupun biologis.

Bidang kajian geografi fisik, meliputi biogeografi, klimatologi, geomorfologi, geografi tanah, geografi kelautan, hidrologi, cuaca dan iklim, serta tanah dan tata air secara spasial.

Jadi, apa saja yang dikaji dalam geografi fisik? Kajian geografi fisik mencakup lapisan hidup di permukaan Bumi beserta segala prosesnya.

Baca juga: Geografi Fisik: Pengertian dan Obyek Kajiannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com