Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi dan Tipe-tipe Tulang pada Sistem Rangka Manusia

Kompas.com - 18/10/2022, 12:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.comTulang-tulang pada manusia bergabung membentuk sistem rangka, jumlah keseluruhan tulang manusia dewasa sekitar 206 buah.  

Tulang-tulang rangka pada manusia selain menyusun rangka, juga memiliki beberapa fungsi penting antara lain.

Fungsi tulang rangka manusia

Beberapa fungsi tulang rangka manusia, sebagai berikut: 

Menopang dan memberi bentuk tubuh 

Salah satu peran utama tulang dalam sistem rangka manusia adalah memberikan bentuk tubuh dan menentukan tinggi badan.

Tak hanya itu, tulang juga berfungsi untuk menopang tubuh agar manusia dapat berdiri tegak atau duduk.

Baca juga: Fungsi Rangka Manusia

Menunjang pergerakan tubuh 

Tulang bersama dengan otot, ligamen, dan sendi berperan dalam mendukung pergerakan tubuh sehingga manusia dapat menjalani aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, menulis, dan makan. Dengan adanya sistem rangka yang baik. Manusia dapat bergerak dengan nyaman.

Memproduksi sel darah

Sumsum tulang merupakan bagian tulang yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah, seperti sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Sumsum tulang bertekstur lunak dan dapat ditemukan di beberapa rongga tulang tertentu, misalnya tulang panggul dan paha.

Menyimpan mineral

Sistem rangka manusia menyimpan dua mineral penting, yaitu kalsium dan fosfor. Kedua nutrisi ini dibutuhkan sel agar dapat berfungsi dengan baik, terutama sel saraf dan otot. 

Ketika kadar kalsium dan fosfor di dalam darah berkurang, hormon paratiroid akan mengatur kekurangan tersebut dengan mengambilnya dari tulang.

Baca juga: Fungsi Tulang dan Otot pada Manusia

Namun, jika cadangan kalsium dan fosfor sudah menipis karena telah sering diambil, tulang bisa menjadi keropos hingga rentan mengalami osteoporosis dan patah tulang.

Tipe-tipe tulang pada sistem rangka manusia 

Berdasarkan bentuknya, tulang dalam sistem rangka manusia terbagi menjadi empat macam, yaitu tulang pipih, tulang panjang, tulang pendek, dan tulang tidak beraturan. 

Berikut pengertiannya: 

Tulang pipih

Tulang pipih memiliki permukaan yang datar dan lebar. Beberapa jenis tulang yang tergolong tulang pipih adalah tulang tengkorak, tulang rusuk, tulang rahang bawah, tulang belikat, dan tulang dada.

Baca juga: Tulang Pipih: Struktur, Fungsi, dan Daftar Tulang Pipih

Tulang panjang

Tulang panjang berbentuk lurus dan tipis. Tulang yang tergolong sebagai tulang panjang meliputi tulang lengan atas (humerus), tulang paha (femur), tulang pengumpil (radius), tulang hasta (ulna), dan tulang kering.

Tulang pendek

Tulang pendek memiliki ukuran yang kecil. Beberapa tulang yang termasuk golongan tulang ini adalah tulang lutut (patella) serta tulang-tulang yang menyusun telapak kaki dan tangan.

Tulang tidak beraturan

Tulang tidak beraturan memiliki bentuk yang tidak beraturan atau tidak sesuai dengan ketiga jenis tulang di atas. Contoh tulang yang termasuk ke dalam jenis tulang tidak beraturan adalah tulang belakang.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com