Kompas.com - 05/05/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Biografi merupakan teks yang berisikan pengalaman dan kisah riwayat hidup seorang tokoh yang ditulis orang lain.

Teks biografi memuat penjelasan secara kronologis mengenai peristiwa atau kejadian yang memang benar-benar dialami tokoh yang diceritakan.

Struktur teks biografi terdiri atas:

  1. Orientasi
    Bagian pengenalan singkat tentang tokoh.
  2. Peristiwa dan masalah
    Kejadian dan permasalahan yang dialami tokoh.
  3. Reorientasi
    Kesimpulan yang berisi peninjauan sikap kembali.

Alasan teks biografi termasuk teks narasi

Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), salah satu ciri teks biografi adalah memuat informasi yang didasarkan pada fakta (faktual) berbentuk narasi.

Baca juga: Apakah Teks Biografi Termasuk Cerita Ulang?

Apakah teks biografi dapat digolongkan ke dalam teks narasi faktual?

Ya, teks biografi dapat digolongkan dalam teks narasi faktual. Karena biografi berisikan kisah riwayat hidup seorang tokoh yang ditulis berdasarkan fakta dan urut sesuai kronologis atau kejadiannya.

Dalam hal ini, fakta yang dimaksud, meliputi pengalaman pribadi, riwayat hidup, pendidikan, pekerjaan, kisah kesuksesan, atau hal lainnya yang dialami secara nyata oleh tokoh.

Dikutip dari buku Linguistik Terapan: Konsep Pembelajaran dan Penelitian Linguistik Mutakhir (2021) karya Hasan Busri dkk, teks narasi adalah karangan yang menceritakan suatu kejadian runtut sesuai urutan waktu atau kronologis.

Narasi bertujuan untuk menceritakan serta menyampaikan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia dari waktu ke waktu.

Kesimpulannya, alasan mengapa teks biografi termasuk teks narasi adalah karena biografi memuat kisah hidup seorang tokoh yang dipaparkan secara kronologis (sesuai urutan waktu) dan didasarkan pada fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.