Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ruang Lingkup Pembahasan Ilmu Kimia

Kompas.com - 27/04/2022, 15:36 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Kimia adalah salah satu ilmu pengetahuan yang menjadi dasar hampir di seluruh aspek kehidupan. Apa saja ruang lingkup ilmu kimia?

5 ruang lingkup pembahasan ilmu kimia adalah kimia fisik, kimia organik, kimia anorganik, kimia analitik, dan juga biokimia.

Kimia fisik

Kimia fisik adalah ruang lingkup ilmu kimia yang membahas prinsip-prinsip fisika yang terjadi dalam interakasi dan transformasi kimia.

Dilansir dari American Chemical Society, kimia fisik berfokus pada pemahaman sifat-sifat fisik atom dan molekul, cara kerja reaksi kimia, dan apa yang diungkapkan sifat-sifat tersebut melalui teori fisika dan perhitungan matematis dalam suatu interaksi kimia.

Misalnya, mekanika kuantum adalah ilmu fisika yang dapat menjelaskan sifat dan interaksi kimia unsur dari segi partikel. Ataupun hukum termodinamika yang menjelaskan bagaimana reaksi laju reaksi dan kesetimbangan kimia terjadi.

Baca juga: 5 Cabang Ilmu Kimia dan Penjelasannya

Kimia organik

Kimia organik adalah ruang lingkup ilmu kimia yang membahas bahan organik juga kehidupan. Adapun, kehidupan dan makhluk hidup didasari oleh unsur karbon.

Dilansir dari Thought Co, kimia organik mempelajari molekul yang mengandung ikatan karbon-hidrogen atau hidrokarbon (CH) dan reaksi juga transformasinya.

Kimia organik tidak hanya mempelajari bentuk organik yang sudah ada. Melainkan juga mengembangkan pembuatan bahan organik untuk membantu kehidupan manusia.

Kimia anorganik

Kebalikan dari kimia organik, kimia anorganik adalah rung lingkup kimia yang mempelajari unsur dan senyawa kimia yang bukan merupakan hidrokarbon. Misalnya, mempelajari bahan berupa logam, mineral, batuan, dan senyawa non logam yang bukan hidrokarbon.

Kimia anorganik memegang peranan penting dalam perkembangan industri, sumber energi, dan juga obat-obatan.

Baca juga: Peranan Ilmu Kimia dalam Bidang Kedokteran

Kimia analitik

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, kimia analitik adalah ruang lingkup kimia yang mempelajari tentang komposisi materi. Kimia analitik menganalisis suatu bahan untuk mengidentifikasi senyawa dan unsur pembentuknya.

Kimia analitik sangat penting dalam melindungi lingkungan hidup karena dapat mengidentifikasi zat berbahaya. Selain itu, kimia analitik juga berperan besar dalam pengembangan industri dan juga semua bidang kimia.

Biokimia

Ruang lingkup pembahasan ilmu kimia yang terakhir adalah biokimia. Biokimia mempelajari proses kimia yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Biokimia mempelajari reaksi-rekasi kimia yang menunjang proses fisiologis dalam sel tubuh makhluk hidup.

Biokimia berperan penting dalam bidang kedokteran dan kesehatan. Melalui biokimia, manusia dapat mengetahui bagaimana tubuhnya berkerja, apa faktor yang memengaruhi proses fisiologis tubuh, dan juga bagaimana cara memaksimalkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com