Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion)

Kompas.com - 22/02/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comStrategi pemasaran 4P merupakan marketing mix atau bauran pemasaran. 4P merupakan singkatan dari Product, Price, Place, dan Promotion.

Dilansir dari buku Flexible Marketing (2004) karya Freddy Rangkuti, menurut Philip Kotler, strategi pemasaran 4P adalah kumpulan alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran, sesuai target pasar yang telah ditetapkan.

Dari sudut pandang produsen, 4P dalam pemasaran berperan sangat penting dalam memengaruhi konsumen. Sedangkan dari sudut pandang konsumen, 4P didesain untuk memecahkan masalah yang dihadapi konsumen.

Tiap elemen dalam 4P sangat penting untuk diperhatikan, mulai dari kelebihan sampai kekurangannya. Supaya ketika dikombinasikan satu sama lain, dapat diperoleh konsep bauran pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan pemasaran.

Baca juga: Sponsorship dalam Pemasaran: Pengertian dan Tujuannya

Dikutip dari buku Word of Mouth Communication: Penjualan Produk (2018) oleh Rusman Latief, berikut penjelasan tiap elemen dalam strategi pemasaran 4P:

Product (produk)

Adalah upaya pengelolaan unsur produk, seperti perencanan serta pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan. Pengelolaan ini bisa dilakukan dengan menambah atau mengambil tindakan yang sesuai karakteristik produk atau jasanya.

Unsur produk, antara lain kualitas, merek, variasi produk, pengemasan, keunggulan produk atau jasa dibanding milik kompetitor, dan sebagainya.

Price (harga)

Adalah sistem penentuan harga dasar yang dipandang tepat untuk produk dan jasa. Selain menentukan harga, perusahaan juga harus merancang sejumlah strategi yang berkaitan dengan harga.

Misalnya pemberian potongan harga, free ongkos kirim, seberapa jauh perbedaan harga antara produk atau jasa perusahaan dengan kompetitor, serta perkiraan keuntungan yang akan didapat.

Place (distribusi)

Adalah pemilihan serta pengelolaan saluran perdagangan yang digunakan untuk menyalurkan produk atau jasa. Distribusi juga termasuk pengembangan sistem pengiriman serta perniagaan produk secara fisik.

Selain penyaluran distribusi, place juga bisa berarti pemilihan lokasi pemasaran produk atau jasa. Misalnya, pemilihan tempat yang strategis dan banyak dikunjungi masyarakat.

Baca juga: Apakah Pemasaran Langsung itu Efektif?

Promotion (promosi)

Adalah unsur yang digunakan untuk memberi tahu serta membujuk pasar agar membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan perusahaan.

Strategi pemasaran 4P ini bisa dilakukan lewat iklan, promosi langsung, atau bentuk lainnya yang dianggap sesuai dengan karakteristik produk atau jasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com