Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Manfaat Cermin Cembung dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 18/02/2022, 17:16 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comCermin cembung adalah salah satu jenis cermin sferis yang bentuknya mengembung ke luar, seperti gunung. Cermin cembung kerap digunakan untuk membantu kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Apa contoh pemanfaatan cermin cembung? Berikut adalah manfaat cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari!

Kacamata hitam

Kacamata hitam terbuat dari cermin cembung. Sehingga, kacamata hitam dapat memantulakan sebagian besar sinar matahari yang mengenai permukaannya.

Kacamata plus

Selain kacamata hitam, lensa cembung juga dimanfaatkan sebagai kacamata plus. Penggunakan cermin cembung membantu penderita hipermetropia yang tidak dapat melihat objek dekat.

Baca juga: Cermin Sferis: Pengertian, Jenis, dan Rumusnya

Kaca pembesar

Contoh selanjutnya dari manfaat cermin cembung adalah kaca pembesar. Cermin cembung dan cermin cekung yang disatukan dapat membentuk kaca pembesar dan membantu manusia untuk melihat hal-hal yang kecil.

Cermin tempat parkir

Dibagian pojok atas tempat parkir, biasanya ditemukan cermin cembung berukuran besar. Cermin cembung di tempat parkir berguna untuk memberikan pandangan luas bagi pengendara. Sehingga, dapat memarkir kendaraannya dengan mudah.

Spion kendaraan

Manfaat cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari yang paling sering dijumpai adalah spio kendaraan. Kendaraan seperti mobil, sepeda motor, truk, dan kendaraan bermotor lainnya menggunakan spio yang terbuat dari cermin cembung.

Dilansir dari Physics LibreTexts, cermin cembung menghasilkan bentuk gambar yang diperluas antara titik fokus dan cerminnya. Sehingga, menghasilkan bayangan objek yang lebih kecil juga pandangan yang lebih luas bagi pengendara kendaraan bermotor.

Penerangan jalan

Contoh manfaat cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah penerangan jalan. Salah satu prinsip penerangan jalan yang sering digunakan adalah refleksi spekuler. Prinsip refleksi spekuler menggunakan reflektor cahaya berupa cermin cembung.

Cermin cembung digunakan karena kemampuannya menyebarkan berkas cahaya ke area yang luas. Sehingga, penerangan jalan lebih hemat daya dan tidak menciptakan cahaya silau yang membahayakan pengguna jalan.

Baca juga: Mengapa Kaca Spion Kendaraan Bermotor Menggunakan Cermin Cembung?

Keratometer

Keratometer adalah alat pemeriksaan mata yang merupakan contoh penggunaan cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir dari Lumen Learning, keratometer menganggap kornea mata kita seperti cermin cembung dan mengukur kelengkungan kornea.

Pengukuran kelengkungan kornea dilakukan dengan cara menemukan panjang fokus kornea. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk menemukan lensa kontak yang sesuai.

Lensa kamera

Lensa berbentuk cermin cembung juga digunakan dalam kamera. Kamera dengan lensa cembung memungkinkan pengambilan gambar yang luas dan juga fokus.

Mikroskop

Selain digunakan dalam kamera, lensa cembung juga digunakan dalam mikroskop. Lensa cembung memperbesar bayangan, membuat mikroskop dapat memperbesar objek dan mengamati objek yang sangat kecil.

Kaca pengawas

Cermin cembung juga digunakan sebagai kaca pengawas di toko, pusat perbelanjaan, dan juga tempat lainnya. Cermin cembung memantulkan bayangan yang luas, sehingga memberikan gambaran area yang luas pula untuk mengawasi keadaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com