Kompas.com - 01/09/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. freepik.com/macrovectorIlustrasi alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Energi listrik adalah energi yang paling dibutuhkan oleh manusia modern. Penerangan, penggunaan ponsel pintar, perangkat komputer, dan juga transportasi, semuanya menggunakan energi listrik untuk bisa beroperasi.

    Dilansir dari Thought Co, energi listrik adalah suatu bentuk energi yang dihasilkan dari aliran listrik. Energi listrik dapat berupa energi potensial karena perbedaan tegangan pada benda bermuatan. Manusia menggunakan energi listrik dalam jumlah besar.

    Berdasarkan situs Universitat Leipzig, dengan populasi dunia sekitar 7,7 miliar jiwa, manusia mengonsumsi energi listrik rata-rata 58 kWh perhari untuk setiap orangnya.

    Energi listrik tersebut digunakan untuk perkantoran, industri, juga menyalakan alat rumah. Berikut adalah 10 jenis alat rumah yang menggunakan energi listrik:

    • Kulkas

    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang berfungsi mendinginkan makanan dan minuman agar tidak cepat basi.

    Baca juga: 5 Contoh Kegiatan Masyarakat Sebelum dan Sesudah ada Listrik

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Kulkas menggunakan energi listrik dengan menyalakan pompa listrik berupa kompresor gas. Kulkas menggunakan gas yang mengalir diseluruh bagian kulkas sebagai pendingin.

    Dilansir dari Explain That Stuff, gas menyerap panas dari dalam makanan kemudian kompresor memompa gas memberikannya tekanan tinggi.

    Gas kemudian mengalir di bagian belakang kulkas dan melepaskan panas dan kembali masuk ke dalam kulkas untuk mengambil panas serta menjaga makanan tetap dingin.

    • Kipas angin

    Kipas angin adalah alat rumah tangga yang merubah energi listrik menjadi energi mekanik. Listrik yang dialirkan ke dalam kipas, akan memberikan perbedaan tegangan pada motor dalam dinamo kipas.

    Motor kemudian akan berputar, dan secara mekanik ikut memutar baling-baling dan menghasilkan angin.

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.