Kompas.com - 01/09/2021, 13:15 WIB
Ilustrasi contoh seni rupa terapan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi contoh seni rupa terapan

KOMPAS.com - Ada banyak jenis karya seni rupa. Salah satunya seni rupa terapan atau applied art. Jenis seni rupa ini sangat mengutamakan keindahan pada hasil karyanya. Selain itu, seni rupa terapan juga mengedepankan kerapian serta fungsinya.

Dalam buku Makna Simbolis Gambar Anak-Anak (2015) karya Sumanto, applied art atau seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dalam proses pembuatannya sangat mengutamakan kegunaan praktis serta keindahan wujudnya. Benda-benda seni rupa terapan sering juga disebut dengan seni pakai. 

Walau berfokus pada kegunaannya secara praktis, hasil karya seni rupa terapan tetap terlihat indah dan elok untuk dipandang. Terdapat berbagai macam seni rupa terapan yang bisa ditemui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti arsitektur dan seni grafis.

Baca juga: Pengertian Bentuk Geometris dan Non-Geometris pada Seni Rupa

Jenis seni rupa terapan

Menurut Sofyan Salam dan kawan-kawan dalam buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020), karya seni terapan dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Karya seni rupa terapan dua dimensi
    Adalah karya seni rupa terapan yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar. Jenis karya seni ini hanya dapat dilihat dari sisi depan saja. Contoh karya seninya poster, spanduk, brosur, logo, kain batik, dan lain sebagainya.
  2. Karya seni rupa terapan tiga dimensi
    Adalah karya seni rupa terapan yang mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi, atau memiliki volume. Jenis karya seni ini dapat dilihat dari berbagai sisi. Contoh karya seninya arsitektur ruangan, kendaraan, kerajinan tangan, kursi, meja, dan lainnya.

Baca juga: 6 Tema dalam Pembuatan Seni Rupa Murni

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh seni rupa terapan

Contoh 1:

Wikimedia Commons/Globetrotter19 Contoh seni rupa terapan

Gambar di atas merupakan contoh seni rupa terapan berupa dekorasi atau arsitektur bangunan. Contoh di atas termasuk dalam karya seni rupa tiga dimensi karena bisa dilihat dari berbagai sisi.

Contoh 2:

Wikimedia Commons/Alteaven Contoh seni rupa terapan

Gambar di atas merupakan contoh seni rupa terapan berupa kain batik. Contoh di atas termasuk karya seni rupa terapan dua dimensi karena hanya bisa dilihat dari satu sisi saja.

 Baca juga: Jenis-Jenis Gaya Seni Rupa Modern

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.