Kompas.com - 01/09/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi kegiatan masyarakat adanya listrik KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi kegiatan masyarakat adanya listrik

KOMPAS.com - Hampir setiap aktivitas yang dilakukan manusia selalu membutuhkan listrik. Bagi masyarakat modern, listrik sangat penting dan perannya tidak bisa dipisahkan dari kehidupannya sehari-hari.

Listrik jelas membantu manusia dalam mengerjakan berbagai hal. Sebagai salah satu sumber energi terbesar, listrik sangat berperan besar. Tanpa listrik, beberapa kegiatan atau aktivitas akan terganggu bahkan terhenti.

Menurut Gatut Susanta dan Sasi Agustoni dalam buku Kiat Hemat Bayar Listrik (2007), listrik adalah sumber energi yang disalurkan lewat kabel atau jenis penghantar lainnya. Dalam kabel, akan timbul arus listrik yang mengalir tiap satuan waktu.

Listrik bisa dihasilkan dari dua jenis energi. Pertama, energi yang tidak dapat diperbarui, contohnya batu bara. Kedua, energi yang dapat diperbarui, seperti air, angin, dan tenaga surya.

Baca juga: Komponen-komponen Rangkaian Listrik Sederhana

Contoh kegiatan masyarakat

Kehadiran listrik dalam hidup manusia telah membawa sejumlah dampak. Tentunya ada beberapa perbedaan kegiatan, antara sebelum dan sesudah ada listrik. Berikut contoh perbedaan kegiatan masyarakat sebelum dan sesudah ditemukannya listrik, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum ada listrik Sesudah ada listrik
Aktivitas bekerja dilakukan dari pagi hingga sore hari, berkat sinar matahari. Namun, ketika malam tiba, kegiatan berhenti dilakukan karena membutuhkan penerangan tambahan, seperti lilin. Aktivitas bekerja dilakukan dengan bebas, mulai dari pagi hingga malam hari. Tidak tergantung sepenuhnya pada sinar matahari, karena saat malam bisa menggunakan penerangan dari sumber energi listrik, seperti lampu.
Menyetrika menggunakan setrika arang yang tidak memerlukan listrik. Menyetrika menggunakan setrika listrik.
Air didapatkan dengan menimba air di sumur. Air bisa didapatkan dengan memakai pompa listrik.
Komunikasi dulunya terjalin dengan surat atau alat komunikasi tradisional. Komunikasi terjalin lewat telepon atau gadget yang juga membutuhkan daya listrik.
Kegiatan ekonomi dilaksanakan dengan manual atau tanpa bantuan teknologi. Kegiatan ekonomi dilaksanakan dengan memakai teknologi, contohnya mesin.

Mengapa listrik penting bagi kehidupan manusia?

Dikutip dari buku Mengenal Electrical Safety: Sebuah Panduan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (2019) karya Eliza Rahmawati, listrik sangatlah penting untuk kehidupan manusia. Tanpa listrik, manusia tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Baca juga: Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik

Jika dirangkum, setidaknya ada tiga alasan mengapa listrik sangat penting untuk manusia. Berikut penjelasan manfaat listrik bagi kehidupan:

  1. Listrik menghasilkan penerangan
    Saat pagi hingga sore, manusia tidak terlalu membutuhkan penerangan, sehingga dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, ketika malam tiba, manusia perlu pencahayaan, agar aktivitas tetap berjalan. Jika tidak ada listrik, kegiatan di malam hari akan terganggu.
  2. Listrik membantu kegiatan manusia
    Hampir sama seperti alasan sebelumnya, listrik sangat membantu manusia dalam beraktivitas. Contohnya mengerjakan tugas lewat komputer, menggunakan pendingin ruangan, memakai mesin, dan lain sebagainya. Adanya listrik mempermudah manusia dalam melakukan banyak kegiatan.
  3. Listrik membawa dampak bagi kehidupan
    Listrik telah membawa sejumlah dampak di berbagai bidang kehidupan. Contohnya di bidang transportasi, listrik memudahkan manusia untuk bepergian. Contoh lainnya dalam bidang komunikasi, membantu manusia berkomunikasi lewat telepon dan handphone.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.