Kompas.com - 19/05/2021, 16:32 WIB
[Tangkapan Layar] senjata tradisional Wamilo, Gorontalo Youtube/ ID INFO[Tangkapan Layar] senjata tradisional Wamilo, Gorontalo

KOMPAS.com - Suku Gorontalo memiliki kebudayaan, salah satunya senjata tradisional. Berikut adalah senjata-senjata tradisional khas daerah Gorontalo:

  • Aliyawo

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Aliyawo merupakan senjata tradisional yang digunakan oleh para prajurit di kerajaan Limboto, Suwawa, Gowa, dan Gorontalo, Sulawesi Selatan.

Aliyawo berbentuk seperti golok dengan bilah bermata satu yang lebar. Aliyawo digunakan oleh Gorontalo dalam perang Panipi. Perang Panipi adalah perang antarmasyarakat Gorontalo yang diketuai seorang Raja bernama Panipi dengan Belanda akibat pajak yang menyengsarakan rakyat.

  • Wamilo

Wamilo adalah senjata tradisional yang digunakan untuk bertani, berkebun, dan menyembelih hewan ternak oleh masyarakat Gorontalo. Wamilo berbentuk bilah besi bermata satu yang ditempa tebal dan panjang.

Ujung bilah wamilo berbentuk lurus tidak dan tidak lancip sehingga bentuknya terlihat seperti persebi panjang. Gagang dan sarung wamilo biasanya dibuat menggunakan kayu kuning.

Baca juga: Senjata Tradisional Sulawesi Barat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Baladu

Baladu adalah senjata tradisional Gorontalo yang hanya dimiliki oleh para pengawal Raja saja. Baladu merupakan senjata sejenis keris dengan bilah yang lurus dan bermata dua dengan ukuran sekitar 40 sentimeter.

Arip Mulyanto dkk dalam penelitian berjudul Klasifikasi Karakter Pengguna Karawo untuk Rekomendasi Motif Berbasis Budaya Gorontalo Menggunakan Algoritma Naïve Bayes (2015) menyebutkan pegangan baladu terbuat dari kayu dengan ukiran yang melambangkan wibawa dan keperkasaan penggunanya.

  • Eluto

Eluto adalah senjata tradisional sejenis keris yang berasal dari Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Eluto memiliki bilah bermata dua yang membentuk dua hingga tiga lengkungan dan memiliki gagang yang terbuat dari kayu hitam.

Kayu pada gagang serta ujung sarung eluto diukir berbentuk mahkota yang melambangkan bahwa eluto berbahaya juga mematikan.

Baca juga: Keunikan Keris Khas Bali

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.