Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Perilaku Boros dan Hemat Energi di Lingkungan Masyarakat

Kompas.com - 07/04/2021, 15:38 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak contoh energi yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Energi tersebut sangatlah berpengaruh pada kehidupan dan aktivitas manusia.

Sudah menjadi hak manusia untuk memanfaatkan energi yang ada. Namun, kewajibannya tidak boleh ditinggalkan, yakni merawat dan melestarikan energi.

Jika energi tidak dirawat dan dilestarikan, dikhawatirkan sumber energi akan habis dan tidak bisa dirasakan dan digunakan oleh generasi berikutnya.

Penghematan energi menjadi salah satu upaya untuk melestarikan dan merawat energi. Sehingga keberlangsungan energi bisa terus menerus ada dan terawat hingga generasi berikutnya.

Melansir dari situs Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur), penghematan energi bisa juga disebut sebagai konservasi energi, yang berarti tindakan mengurangi penggunaan energi secara berlebihan.

Menghemat energi berarti tidak menggunakan energi untuk hal yang tidak diperlukan. Kata lainnya, energi digunakan seefisien dan seefektif mungkin.

Baca juga: Penghematan Energi

Berbeda dengan penghematan energi, sikap boros energi merupakan tindakan menggunakan energi secara berlebihan dan tidak tepat guna. Artinya energi digunakan untuk hal atau aktivitas yang kurang penting.

Pemborosan energi sangatlah tidak baik untuk keberlangsungan energi, selain berdampak buruk untuk lingkungan, kelestarian energi juga menjadi terancam.

Agar lebih mudah memahaminya, mari kita simak contoh sikap hemat energi dan boros energi di lingkungan masyarakat:

Sikap hemat energi Sikap boros energi
Mematikan lampu saat siang hari yang cerah Menyalakan lampu saat siang hari yang cerah
Mematikan keran air setelah bak mandi terisi penuh Terus menyalakan air, meskipun bak mandi sudah penuh dan airnya tumpah
Mencabut daya pengisi laptop dan gadget setelah baterai terisi penuh Terus mencolokkan daya pengisi laptop dan gadget meskipun baterai sudah terisi penuh
Menonton televisi pada jam tertentu saja Menonton televisi sepanjang hari, mulai pagi sampai malam
Mematikan kipas angin saat tidak digunakan Menyalakan kipas angin terus menerus meskipun sedang tidak digunakan
Mematikan dan mencabut kabel komputer dan printer setelah selesai digunakan
Terus menyalakan komputer dan printer meskipun tidak digunakan
Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan kendaraan umum Menggunakan kendaraan pribadi secara terus menerus dan berlebihan
Mematikan kompor jika tidak digunakan atau setelah selesai digunakan Menyalakan kompor secara berlebihan dan saat tidak digunakan
Mengurangi penggunaan gadget Terus menerus menggunakan gadget meskipun sedang tidak dibutuhkan
Mematikan AC saat ruangan kosong atau saat tidak digunakan Menyalakan AC secara terus menerus agar ruangan tetap dingin

Sikap hemat energi harus diterapkan, karena membawa banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Salah satunya ialah penghematan uang, tenaga dan energi. Sebaliknya, sikap boros hanya akan merugikan diri sendiri dan lingkungan masyarakat.

Baca juga: Kewajiban Manusia Terhadap Perubahan Energi

Contohnya menggunakan kendaraan pribadi secara berlebihan bisa meningkatkan polusi. Sebaliknya dengan memakai kendaraan umum, seperti bus bisa menurunkan tingkat polusi.

Contoh lainnya dengan mematikan peralatan listrik saat digunakan dapat mengurangi pengeluaran biaya. Sedangkan jika boros, pengeluaran uang akan terus bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com