Kompas.com - 04/02/2021, 20:05 WIB
Ilustrasi pola lantai dalam tari Seni Budaya dan Keterampilan Kelas VI SD, Ari Subekti dkkIlustrasi pola lantai dalam tari

KOMPAS.com - Pola lantai adalah sebuah pola yang dibentuk sebagai cara penari untuk berpindah, bergerak, atau bergeser dari satu posisi ke posisi lainnya.

Muhdi Kurnia dalam Tari Tradisi Melayu, Eksistensi dan Revitalisasi Seni (2016), mengatakan pola lantai dalam tari memiliki fungsi untuk menata gerakan tarian yang kompak antarpenari.

Dalam pola lantai harus diperhatikan bentuk pola lantai, makna pola lantai, jumlah penari, ruangan, dan gerak tari.

Secara umum pola lantai terbagi menjadi dua, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Namun, bentuk tersebut dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, seperti horizontal, diagonal, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.

Baca juga: 3 Unsur dalam Seni Tari: Wiraga, Wirama, Wirasa

Pola lantai garis lurus

Pola lantai garis lurus adalah pola vertikal memanjang, di mana penari berjumlah lebih dari satu orang membentuk formasi lurus. Baik ke depan, kebelakang, maupun ke samping.

Pola lantai ini biasanya digunakan pada tari klasik karena memberikan kesan sederhana tetapi kuat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pola lantai garis lurus dapat dilakukan dengan berbagai level, seperti:

  1. Level rendah, seperti berbaring atau duduk
  2. Level sedang, seperti berlutut atau jongkok
  3. Level tinggi, seperti berdiri, jinjit, atau melompat dan melayang

Pola lantai garis lurus biasanya dilakukan pada jenis tari berpasangan atau kelompok. Contoh tarian yang menggunakan pola lantai garis lurus seperti tarian Bedaya di Keraton Jawa.

Pola ini dibuat oleh penari untuk menyimbolkan hubungan antarmanusia dan juga dengan Sang Pencipta.

Baca juga: Unsur-Unsur Tari

Pola lantai garis lengkung

Pola garis lengkung yaitu garis lingkaran, angka delapan, membentuk huruf U, dan lengkung ular. Pola ini memberikan kesan lembut.

Dalam Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi (2012) karya Sumandiyo Hadi, pola lantai garing lengkung terdapat pada tari Kecak-Bali yang membentuk lingkaran. 

Pola lantai garis lengkung juga terdapat pada tari Randai dari Minangkabau, di mana penari berjalan mengelilingi pentas membentuk lingkaran. Di daerah Flores dapat dijumpai tari dengan menggunakan garis lengkung, yaitu tari Gawi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X