Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Isotop, Isobar dan Isoton

Kompas.com - 30/12/2020, 17:43 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Seperti manusia, atom juga memiliki saudara. Ada atom yang bersaudara karena memiliki nomor atom yang sama, ada yang bersaudara karena memiliki nomor massa yang sama, dan ada juga yang memiliki jumlah neutron yang sama.

Atom-atom tersebut disebut dengan isotop, isobar, dan isoton. Apakah perbedaan ketiganya dan contoh unsurnya? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah penjelasan berikut ini!

Soal dan Pembahasan

Apa perbedaan isotop, isobar dan isoton?

Jawaban:

Isotop

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, isotop adalah atom dengan nomor atom yang berbeda namun menduduki tempat yang sama pada table periodik.

Jadi unsur pada table periodik yang kamu lihat sebeneranya tidak hanya satu unsur, melainkan ada dua atau lebih unsur yang duduk pada posisi tersebut.

Isotop suatu unsur memiliki jumlah proton (Z) yang sama dengan unsur tersebut, namun jumlah neutron (N)nya berbeda, sehingga nomor atomnya sama namun nomor massanya berbeda.

Baca juga: Soal UAS Kimia: Kegunaan Unsur Radioaktif

Misalkan unsur Hidrogen (H) pada table periodik menduduki nomor 1, sebenarnya ada juga isotope lainnya seperti protium, deuterium, dan tritium.

Protium tidak memiliki neutron dengan 1 proton, deuterium memiliki 1 neutron dengan 1 proton, sedangkan tritium memiliki 2 neutron dengan 1 proton.

Unsur karbon juga memiliki 3 isotop yaitu 12C, 13C, dan 14C. Unsur Sulfur memiliki 8 isotop yaitu 31S, 32S, 33S, 34S, 35S, 36S, 37S, 38S, dan 44S.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com