Kompas.com - 20/12/2020, 15:19 WIB
Review text Review text

KOMPAS.com – Apakah kalian mengenal apa itu review text? Review text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang mengulas sesuatu. Simak pembahasannya berikut ini:

Salah satu jenis teks bahasa Inggris ialah review text. Biasanya review text membahas tentang suatu hal atau karya.

Definition and purpose

Review sendiri jika diartikan adalah ulasan atau tinjauan. Maka review text bisa diartikan sebagai teks yang mengulas suatu hal.

Hal-hal yang diulas bisa bermacam-macam, contohnya produk dari suatu brand, film, musik, drama, buku, dan lain-lain.

Tujuan dari teks ini menurut BBC Bitesize ialah “to offer an honest critique of the object under review, and to make a recommendation to your audience”.

Artinya ialah untuk memberikan kritik yang jujur terhadap objek yang sedang ditinjau, dan untuk membuat rekomendasi kepada audiens atau pembaca.

Maka biasanya di akhir teks kita bisa melihat apakah si penulis merekomendasikan produk atau karya tersebut kepada pembacanya atau tidak.

Baca juga: Contoh Advertisement Text

Generic structure

  • Introduction

Introduction atau perkenalan biasanya berupa gambaran umum atau pengenalan tentang hal yang akan diulas. Hal-hal yang dikenalkan oleh penulis biasa berupa nama atau judul, fungsi, dan lain-lain.

  • Evaluation

Evaluation atau evaluasi adalah bagian dimana penulis memberikan deskripsi tentang hal-hal yang menjadi keunikan dan kualitas karya atau produk yang diulas. Biasanya juga berupa baik atau tidaknya hal yang dibahas.

Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X