Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Review Text: Definisi, Struktur, dan Ciri

Salah satu jenis teks bahasa Inggris ialah review text. Biasanya review text membahas tentang suatu hal atau karya.

Definition and purpose

Review sendiri jika diartikan adalah ulasan atau tinjauan. Maka review text bisa diartikan sebagai teks yang mengulas suatu hal.

Hal-hal yang diulas bisa bermacam-macam, contohnya produk dari suatu brand, film, musik, drama, buku, dan lain-lain.

Tujuan dari teks ini menurut BBC Bitesize ialah “to offer an honest critique of the object under review, and to make a recommendation to your audience”.

Artinya ialah untuk memberikan kritik yang jujur terhadap objek yang sedang ditinjau, dan untuk membuat rekomendasi kepada audiens atau pembaca.

Maka biasanya di akhir teks kita bisa melihat apakah si penulis merekomendasikan produk atau karya tersebut kepada pembacanya atau tidak.

Generic structure

  • Introduction

Introduction atau perkenalan biasanya berupa gambaran umum atau pengenalan tentang hal yang akan diulas. Hal-hal yang dikenalkan oleh penulis biasa berupa nama atau judul, fungsi, dan lain-lain.

  • Evaluation

Evaluation atau evaluasi adalah bagian dimana penulis memberikan deskripsi tentang hal-hal yang menjadi keunikan dan kualitas karya atau produk yang diulas. Biasanya juga berupa baik atau tidaknya hal yang dibahas.


  • Interpretative recount

Setelah menuliskan evaluasi, di bagian tafsiran atau interpretative recount ini penulis mengungkapkan tafsirannya atau reaksinya terhadap karya atau produk tersebut.

Terkadang terdapat pula perbandingan dengan karya atau produk lain untuk mendukung opini penulis. Penulis juga memberikan pandangan tentang apa yang menjadi kelebihan dan juga kekurangan dari hal yang diulasnya.

Namun, hal yang dijelaskan bukan berupa keseluruhan dari suatu karya, misalnya film. Penulis tidak akan membahas satu per satu alur ceritanya, melainkan bagian-bagian yang ia anggap menarik atau tidak menarik saja.

  • Evaluative summation

Di bagian ringkasan ini, penulis memberikan penilaian terhadap karya atau produk yang dibahas. Penulis memberikan penilaian ini berdasar dari tafsiran yang ia buat.

Penulis juga bisa memberikan rekomendasi atau saran kepada pembacanya untuk melihat, membaca, atau mendengar karya atau membeli produk yang dibahas, atau bahkan tidak merekomendasikannya.

Characteristics

Jenis teks ini juga mempunyai ciri-ciri, yaitu:

  • Fokus pada partisipan tertentu
  • Memakai simple present tense
  • Menggunakan adjective atau kata sifat
  • Menggunakan klausa yang panjang dan kompleks
  • Menggunakan beberapa metafora atau perumpamaan

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/20/151910669/review-text-definisi-struktur-dan-ciri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke