Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Variasi Teknik Memegang Raket dalam Permainan Bulu Tangkis

Kompas.com - 25/11/2020, 14:05 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulu tangkis tergolong dalam salah satu olahraga yang sering dikompetisikan, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Siapa saja bisa bermain bulu tangkis karena peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, yakni kok atau shuttlecock, raket serta jaring sebagai pembatas antar kedua pemain atau tim.

Penguasaan teknik dasar merupakan modal utama dalam bermain bulu tangkis. Teknik bisa dikuasai asalkan berlatih secara rutin.

Teknik paling dasar dan sangat mempengaruhi performa ketika bermain bulu tangkis adalah variasi teknik memegang raket yang benar.

Pegangan raket ketika bermain bulu tangkis juga sangat mempengaruhi

Baca juga: Sejarah Bulu Tangkis

Lalu, bagaimana teknik memegang raket yang benar?

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), variasi teknik memegang raket dalam permainan bulu tangkis dibagi menjadi dua jenis, yaitu forehand grip serta backhand grip.

Berikut penjelasannya:

  • Forehand grip atau pegangan forehand

Pegangan forehand bisa dilakukan dengan menggunakan tangan kanan maupun tangan kiri.

Berikut langkah-langkah melakukan forehand grip:

  1. Kepala raket harus dalam posisi menghadap ke samping.
  2. Agar lebih mudah, cobalah untuk memposisikan salah satu tangan seperti akan berjabat tangan. Kemudian letakkan raket di tangan tersebut.
  3. Jari kelingking, jari manis, jari tengah serta jari telunjuk haruslah dalam posisi rapat ketika memegang raket. Sedangkan antara ibu jari dengan jari telunjuk harus diberi jarak sehingga berbentuk seperti huruf 'V'.
  4. Lakukan latihan teknik memegang raket secara rutin dan buatlah senyaman mungkin.

Baca juga: Gerak Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif Olahraga Bulu Tangkis

Dilansir dari situs Master Badminton, dalam pegangan forehand jari telunjuk memegang kendali dalam melakukan berbagai teknik serangan atau pertahanan dalam bulu tangkis.

Posisi ibu jari dalam melakukan teknik pegangan raket ini tidak harus selalu menekan, usahakan agar lebih rileks, begitu pula dengan jari lainnya.

Disarankan untuk memposisikan ibu jari senyaman mungkin di dekat permukaan pegangan raket agar bisa segera beralih ke pegangan backhand bila diperlukan.

  • Backhand grip atau pegangan backhand

Sama seperti teknik forehand, pegangan backhand juga bisa dilakukan dengan tangan kanan atau kiri. Hanya saja dalam penerapannya, dua teknik ini memiliki perbedaan.

Posisi ibu jari serta telunjuk dalam pegangan backhand memiliki perbedaan dengan forehand grip.

Berikut langkah-langkah melakukan backhand grip:

Baca juga: Teknik Dasar Serangan dalam Permainan Bulu Tangkis

  1. Kepala raket harus dalam posisi menghadap ke samping.
  2. Jari kelingking, jari manis, jari tengah serta jari telunjuk harus dalam posisi rapat ketika memegang raket. Sedangkan jarak posisi ibu jari dengan jari telunjuk tidak terlalu jauh. 
  3. Saat memegang raket, ibu jari harus diberi sedikit tekanan. Namun, seluruh jari tetap harus rileks ketika melakukan jenis pengangan ini.
  4. Lakukan latihan teknik memegang raket secara rutin dan buatlah senyaman mungkin.

Berbeda dengan forehand grip yang sangat dipengaruhi oleh jari telunjuk, backhand grip sangat dipengaruhi oleh tekanan atau dorongan pada ibu jari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com