Kompas.com - 12/10/2020, 15:00 WIB
Pengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPengunjung melihat lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

KOMPAS.com - Setiap hari kita melihat hasil seni rupa terapan dalam kehidupan sehari-hari yang banyak digunakan oleh masyarakat. 

Biasanya hasil seni rupa tersebut dipajang menjadi hiasan di rumah-rumah.

Karya seni rupa terapan merupakan karya seni yang tidak hanya digunakan untuk hiasan atau pajangan, tapi juga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. 

Dilansir dari Oxford Dictionary of Art, seni rupa terapan atau dengan kata lain Applied art memiliki makna semua seni termasuk desain, dekorasi dan benda-benda yang memiliki fungsi tertentu dan tanpa meninggalkan aspek keindahan atau estetis.

Berdasarkan bentuk atau wujudnya, seni rupa terapan dibagi menjadi dua salah satunya adalah seni rupa terapan dua dimensi

Baca juga: Pengertian Serat Alam

Pengertian seni rupa dua dimensi

Seni rupa terapan dua dimensi atau disebut dwimatra merupakan sebuah karya seni rupa yang memiliki komposisi ukuran panjang dan lebar.

Seni rupa ini hanya bisa dinikmati dari satu arah saja, yaitu arah depan. Umumnya berbentuk bidang datar karya seni ini dituang kedalam media seperti dinding, kertas, kaca, kanvas hingga lantai.

Karya seni rupa terapan bisa berwujud gambar ataupun lukisan. Namun, dua hal ini berbeda.

Menggambar lebih menekankan pada meniru wujud yang sudah ada, sedangkan melukis lebih bebas.

Dari hal tersebut maka, menggambar dalam karya seni rupa terapan memiliki tuntutan atau hal yang harus ada seperti berikut:

Baca juga: Jenis dan Karakteristik Bahan Serat

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X