Kompas.com - 04/10/2020, 10:15 WIB
Ilustrasi sepak bola. Ilustrasi | ShutterstockIlustrasi sepak bola.

KOMPAS.com - Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang populer dan digemari masyarakat di seluruh dunia. 

Sepak bola adalah olahraga tim yang terdiri dari 11 permain dalam satu tim. Sehingga diperlukan kerjasama pemain dalam satu itu untuk meraih kemenangan. 

Dalam sepak bola, setiap pemain harus memiliki dan menguasai beberapa teknik sebelum memainkan permainan sepak bola. 

Di mana teknik dasar tersebut menjadi bekal awal para pemain untuk meningkatkan permainan sepak bola. 

Dikutip dari buku Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik (2018) karya Ketut Chandra Adinata Kusuma, ada beberapa gerakan atau teknik dasar yang harus dikuasai pemain dalam permainan sepak bola. 

Gerakan dasar tersebut, yakni mengoper bola, menghentikan bola, menggiring bola,  menembak bola dan menyundul bola. 

Berikut penjelasannya:

  • Mengoper bola (passing the ball)

Mengoper bola merupakan salah satu gerakan dasar dalam permainan sepak bola. Di mana teknik ini merupakan keterampilan untuk memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lainnya. 

Passing dapat dilakukan dengan menggunakan kaki atau bagian tubuh lainnya, kecuali tangan. Namun, pada umumnya passing dilakukan dengan menggunakan kaki.

Umumnya passing dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam. 

Kurniawan Dwi Yulianto  memberikan pelatihan teknik dasar bemain sepak bola seperti dribbling, passing, controlling dan shooting untuk mencari calon pemain. Kurniawan Dwi Yulianto memberikan pelatihan teknik dasar bemain sepak bola seperti dribbling, passing, controlling dan shooting untuk mencari calon pemain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X