Kompas.com - 07/10/2020, 00:36 WIB
Ilustrasi energi termal yang dibentuk melalui reaksi kimia pembakaran arang yang menyebabkan perpindahan panas internal Ilustrasi energi termal yang dibentuk melalui reaksi kimia pembakaran arang yang menyebabkan perpindahan panas internal

KOMPAS.com - Kamu pasti sudah sering menggunakan kata energi.  Apakah energi itu sebenarnya?

Energi adalah kemampuan suatu benda untuk melakukan kerja dapat berupa energi kinetik dan energi potensial. Adapun energi termal adalah jumlah energi kinetik dari suatu benda.

Dilansir dari Encyclopedia.com, energi termal tersebut didapat dari tinggi suhunya. Semakin tinggi suhu, akan semakin besar gerakan acak molekulnya.

Entalpi adalah jumlah energi internal dalam suatu sistem untuk melakukan kerja pada tekanan tetap. Dari pengertian tersebut maka dapat dirumuskan entalpi sebagai berikut :

Baca juga: Kenapa Bumi Semakin Panas?

KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDA Persamaan entalpi yang merupakan hasil jumlah energi internal sistem dan usaha

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan,

H= entalpi
E = energi (J)
W = usaha (J)

Persamaan tersebut berlaku pada tekanan yang tetap atau biasa disebut dengan isobarik. Pada proses isobarik, perubahan suhu akan menyebabkan perubahan volume sebagai berikut:

silmi Persamaan isobarik yaitu dengan tekanan konstan

Sehingga usaha dapat dirumuskan sebagai berikut:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Persamaan usaha dalam termodinamika ialah hasil operasi perkalian antara tekanan dan perubahan volume

Dengan,
P = Tekanan (atm)
V = volume(liter)
T = suhu (K)

Baca juga: Perpindahan Kalor

Dari persamaan tersebut terlihat bahwa usaha yang dihasilkan berbanding lurus dengan pertambahan volume zatnya. Adapun sebuah contoh soal sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.